Wow .... Ternyata Masih Ada Belasan Ribu Tenaga Kerja Belum Terserap

INFOKU, BLORA -. Tercatat pada Badan Pusat Statistik (BPS) Blora, Angka pengangguran di Blora mengalami penurunan hampir 5 persen. 

Akan tetapi dalam hal penyerapan  tenaga kerja  masih belum maksimal.  

BPS Blora mencatat, pada Agustus tahun lalu, jumlah pengangguran tercatat sebanyak 16.746 orang.

Turun sebesar 880 orang atau sekitar 4,99 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Dinperinaker) Blora Endro Budi Darmawan mengatakan, pertumbuhan angkatan kerja yang signifikan belum diimbangi ketersediaan lapangan pekerjaan yang cukup.

Sebab, ada belasan ribu warga yang belum dapat pekerjaan.

Baca juga : Uang Rp 30 Juta Raib, Seorang Ibu Tertipu Iming-Iming Anaknya Jadi ASN

“Meskipun terlihat adanya penurunan jumlah pengangguran di Blora, tetapi jika dilihat angkanya, ternyata masih ada belasan ribu penduduk Blora yang belum mendapat pekerjaan,” jelas Endro saat ditemui pada Rabu (09/10/2024).

Job Fair & Kartu Kuning

Endro menjelaskan, pihknya terus berusaha memberi layanan dan fasilitas bagi para pencari kerja yang ada di Blora.

Beberapa program yang diusung, meliputi job fair, kartu kuning (AK-1), aplikasi Makaryo, dan penyelenggaraan pelatihan kerja di balai latihan kerja.

“Kami rutin melakukan agenda job fair setiap tahunnya dan mengundang siswa SMA/SMK agar mereka siap kerja setelah lulus,” kata Endro.

Selain Job Fair, Endro juga menjelaskan kalau  Disperinaker  juga memfasilitasi pembuatan kartu kuning (AK-1), yang merupakan salah satu syarat administratif bagi pencari kerja untuk melamar pekerjaan, baik di sektor swasta maupun pemerintahan.

“Selain pembuatan kartu kuning, kami juga berusaha melakukan digitalisasi dalam memberikan informasi lowongan kerja yang terarah melalui aplikasi Makaryo,” ujar Endro.

Baca juga : Ada 3.181 Pendaftar Lolos Ikuti Proses SKD, Sementara 336 Pendaftar CPNS Blora Tak Lolos Administrasi

Endro menambahkan bahwa Disperinaker juga rutin memberikan fasilitas pelatihan bagi para calon pekerja, kami juga menyelenggarakan pelatihan berbagai keterampilan kerja yang dilakukan di Balai Latihan Kerja.

Dengan berbagai inisiatif tersebut, Endro berharap pihaknya bisa terus memberdayakan dan mengasah kemampuan para pencari kerja agar segera terserap ke dalam lapangan kerja. (Endah/IST) 


Post a Comment

0 Comments