Pertamina EP Cepu Field Gelar Pelatihan Pertanian Organik di Blora

INFOKU, BLORA - Pelatihan pertanian organik digelar Pertamina EP Cepu Field di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora. 

foto : IST   

Pelatihan diikuti oleh 36 peserta yang berasal dari 2 desa yakni Desa Sumber dan Desa Mojorembun, Kecamatan Kradenan.

Dalam pelatihan ini para peserta dikenalkan secara lebih lanjut terkait bagaimana tatacara bertani dengan metode pertanian organik termasuk bagaimana cara perawatan, penanggulanagan hama, hingga pembuatan pupuk organik dari bahan-bahan yang ada di sekitar.

Pada pelatihan ini para peserta juga diajak untuk membangun kesadaran pelestarian lingkungan dengan penguranggan penggunaan produk-produk kimia seperti pestisida dan pupuk kimia dalam pertanian sehari-hari.

Baca juga ; Wow .... Tenyata Gaji Pendamping Desa Blora di Bawah UMK

Tarkun Camat Kradenan, dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Pertamina EP Field Cepu yang telah menginisiasi program CSR di Kecamatan yang dipimpinnya.

Dia berharap program dan kerjasama antara pihak Pertamina dapat berjalan secara jangka panjang dan dapat semakin meluas ke wilayah-wilayah lain yang ada di Kabupaten Blora.

“Sangat berterimakasih kepada Pertamina, kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini. Kami berharap ini dapat berjalan secara jangka panjang sehingga membawa kebermanfaat yang luas untuk petani yang ada di Kecamatan Kradenan maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Blora secara lebih luas,'' ujarnya.

Pelestarian Lingkungan

Field Manager Pertamina EP Cepu Field, Dody Tetra Atmadi menyampaikan, bahwa program ini ditujukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pertanian organik serta pelestarian lingkungan secara bersamaan.

Baca juga : FBS Menduga ada Pajak Sumur Minyak Plantungan Masuk Kantor Pelayanan Pajak Blora

Menurutnya, pertanian organik selain memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi untuk masyarakat, melalui penerapan pertanian organik, juga dapat menjaga kelestarian lingkungan yang ada di masyarakat, dengan pemanfaatan bahan bahan alami dan pengurangan penggunaan bahan kimia dalam pertanian.

“Kami melihat potensi yang besar yang ada di kecamatan kradenan. Dalam pelatihan ini kami berharap masyarakat dapat meningkat secara ekonomi sekaligus dapat ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan,” terangnya

Pelatihan ini merupakan tahapan awal dari Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Pertamina EP Cepu Field untuk masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Baca juga : Ada 5 Temuan BPK yang Rentan Korupsi, KPK Datangi Blora

Setelah melakukan pelatihan dasar tahap selanjutnya masyarakat akan mendapatkan pendampingan secara langsung, dalam penerapan pertanian organik di lapangan, termasuk pendampingan perawatan, pembuatan produk, sertifikasi produk hingga pendampingan dalam penjualan produk.(Endah/IST


Post a Comment

0 Comments