Hari Ini Terakhir Perbaikan Berkas Bacabup & Bacawabup Blora

INFOKU, BLORASetelah Jumat (6/9), KPU Blora terpaksa mengembalikan berkas persyaratan administrasi dari kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (Bacabup dan Bacawabup) Blora. 

Sebab, sesuai hasil verifikasi administrasi, masih ada kekurangan beberapa berkas, mulai gelar haji hingga latar belakang foto bakal pasangan calon.

Hari ini Minggu (8/9) terakhir perbaikan berkas bapaslon Arief RohmanSri Setyorini (Asri) dan Abu Nafi-Andika Andikrishna Gunarjo (Abdi).

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUK Blora Ahmad Solikin mengatakan, hasil verifikasi faktual itu, ada sebagian dokumen yang perlu diperbaiki masing-masing pasangan calon.

Baca juga : Poros Pertahana vs Poros Baru Siap Bersaing pada Pilkada Blora

Meliputi laporan laporan hasil kekayaan pejabat negara (LHKPN), pasfoto berlatar belakang putih, gelar haji, dan visi misi kedua pasangan bacabup - bacawabup.

“Hasil verifikasi administrasi semua pasangan calon belum memenuhi syarat. Kami batasi untuk perbaikan hingga 8 September. Jika tidak diperbaiki, maka tidak memenuhi syarat,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, semua calon memenuhi syarat tes kesehatan.

Untuk hasil verifikasi administrasi awal, ada beberapa dokumen yang harus diperbaiki dan belum memenuhi syarat.

“Untuk laporan LHKPN itu masih ada yang baru melaporkan, namun baru-baru ini sudah diverifikasi KPK dan selanjutnya meng-upload di sistem informasi pencalonan (Silon) dan foto latar belakang pasangan Asri harus diperbaiki menjadi putih polos,’’ ucapnya.

Baca juga : Total Dukungan 34 Kursi DPRD, Bapaslon Asri Kantongi 10 Rekom Parpol Jelang Pilkada Blora 2024

Dia menjelaskan, untuk visi misi kedua cabup dan cawabup itu masih belum benar.

Sesuai dengan peraturan KPU (PKPU) nomor 8 yang dijelaskan, bahwa visi misi calon harus sesuai rencana pembangunan jangka menengah dan panjang daerah (RPJMDKabupaten Blora.

“Kedua paslon belum benar, yang punya kewenangan untuk verifikasi itu badan perencanaan dan pembangunan daerah (Bappeda). Hasil dari Bappeda, itu memang masih memerlukan waktu untuk pembenahan dan penjelasan masing-masing calon. Tapi secara garis besar sudah sesuai, namun ada beberapa yang masih perlu penjelasan agar lebih gamblang dibaca masyarakat,’’ jelasnya.

Baca juga : Final .... Abu Nafi- Andika Adikrishna (Abdi) Jagonya PDIP Blora

Sedangkan untuk Cabup Abu Nafi itu, gelar haji masih perlu bukti pendukung. Jadi selain gelar akademik itu calon bisa mencantumkan gelar haji atau raden.

“Untuk mencantumkan itu harus dibarengi dengan bukti pendukung contoh bukti sertifikat haji atau surat pernyataan dari yang bersangkutan kalau dia sudah melaksanakan haji,’’ pungkasnya. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments