Bantuan Pembangunan Tiga Embung dari Kementerian PUPR Terealisasi

INFOKU,BLORA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora mendapat bantuan pembangunan sejumlah embung-embung kecil dari Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemalu Juana Semarang. 

Hal ini sebagai upaya untuk memitigasi bencana kekeringan yang sering terjadi di Kabupaten Blora setiap tahunnya.

“Jadi, Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui BBWS Pemali Juana Semarang Satker SNVT ATAB, pada tahun ini memberikan bantuan pembangunan embung di Kabupaten Blora sebagai upaya untuk memitigasi bencana kekeringan yang sering terjadi di Kabupaten Blora setiap tahunnya,” jelas.

Baca juga : Ada 5 Temuan BPK yang Rentan Korupsi, KPK Datangi Blora

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (SDA DPUPR) Kabupaten Blora Surat, mewakili Kepala Dinas PUPR Blora Samgautama Karnajaya di Blora, Kamis (22/8/2024).

Pembangunan embung tersebut tersebar di tiga titik desa yaitu di Desa Jiken Kecamatan Jiken 1 titik dengan kapasitas tampungan air 4.800 M3.

Kemudian di Desa Ketringan Kecamatan jiken 1 titik dengan kapasitas tampungan air 3.200 M3 dan di Desa Andongrejo kecamatan Blora 1 titik dengan kapasitas tampungan air 4.800 M3.

Baca juga : FBS Menduga ada Pajak Sumur Minyak Plantungan Masuk Kantor Pelayanan Pajak Blora

“Pembangunan embung tersebut merupakan instruksi langsung dari Bapak Menteri PUPR dalam rangka mengatasi permasalahan penanganan bencana kekeringan yang sering terjadi setiap tahun di wilayah Kabupaten Blora pada saat musim kemarau tiba,” jelasnya.

“Jadi betul bahwa pada tahun ini Kabupaten Blora mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui BBWS Pemali Juana Semarang berupa pembangunan embung embung kecil sebanyak 3 buah yang menyebar di tiga lokasi yaitu di desa Ketringan Kec. Jiken, Desa Jiken Kec. Jiken dan Desa Andongrejo Kec. Blora,” terangnya.

Baca juga : Jalan Kepoh Rusak Lagi, Pemadatan Tahun Lalu Tak Cukup Kuat

Surat menyebut, hal itu menindaklanjuti permohonan Bupati Blora Arief Rohman, kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada awal tahun 2024, agar Kabupaten Blora diberikan bantuan untuk pembangunan embung-embung dalam rangka mengurangi dampak bencana kekeringan yang sering terjadi pada saat musim kemarau tiba di Kabupaten Blora. (Endah) 


Post a Comment

0 Comments