Siap Wujudkan Kedaulatan dan Swasembada Pangan di Blora, KTNA Siap Bekerja Sama

INFOKU, BLORA - Sektor pertanian pangan menjadi salah satu tujuan utama pembangunan kedepan, termasuk pembangunan nasional, ini ungkapan Bupati Blora H, Arief Rohman. 

Oleh sebab itu, Bupati Blora tidak bosan membuka pintu kepada para komunitas petani untuk berdiskusi bersama.

Hal itu disampaikan saat menerima silaturahmi Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Blora di rumah dinasnya, Jumat (19/7/2024).

“Terimakasih atas kunjungannya, terimakasih atas masukan usul sarannya. Semoga sektor pangan pertanian Blora dapat terus dikembangkan berbasis pertanian organik sehat, bersama petani milenial. Semangat Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan,” katanya.

Baca juga : Masih Butuh Kajian Mendalam Angkat Samin Surosentiko Jadi Pahlawan Nasional

Disebutkan, Kabupaten Blora memiliki potensi unggulan pertanian, di antaranya sebagai salah satu lumbung pangan Jawa Tengah. Produksi tanaman padi dan jagung melimpah sebagai penyangga dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan swasembada pangan. Bahkan Blora dikenal sebagai gudangnya sapi Jateng.

Dia berharap kepada para pengurus KTNA agar mampu meningkatkan peranannya dan bersinergi dengan para penyuluh pertanian untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan petani.

Sementara Sugiyanto Ketua KTNA Blora alumni dari Fakultas Peternakan Unsoed Purwokerto saat ini juga sebagai pengusaha daging ayam, menyampaikan bahwa orang-orang yang bergabung menjadi pengurus KTNA adalah mereka yang mumpuni dan unggul dalam berkiprah di bidang pertani.

Baca juga : Sulit Wujudkan Pasar Blora yang Layak dengan Anggaran Terbatas

Mengingat KTNA merupakan organisasi masyarakat petani sebagai wadah musyawarah petani-nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian.

“Pengurus KTNA siap bekerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kedaulatan dan swasembada pangan di Bumi Blora Mustika,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Kepala DP4 Ngaliman, memberikan tambahan informasi dan motivasi kepada para pengurus KTNA, bahwa berkat bimbingan, dukungan, bantuan, kiprah dan prakarsa dari Bupati Blora, saat ini bidang Pertanian di Kabupaten Blora mengalami kemajuan yang luar biasa.

Berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki jurusan pertanian telah diwujudkan dalam perjanjian kerjasama. Bantuan baik dana dari tingkat provinsi maupun dari pusat mengalir untuk pembangunan pertanian di Kabupaten Blora.

“Sehingga saat ini sudah terbangun rumah potong hewan yang layak dan moderen,” ucapnya. 

Sedangkan perkembangannya, berbagai tanaman buah buahan dan melimpahnya bantuan alsintan untuk para petani, serta Kabupaten Blora mendapat penghargaan dari pemerintah pusat dalam mengembangkan inovasi teknologi pertanian.

Baca juga : AKBP Wawan Andi Susanto Jabat Kapolres Blora, Menggantikan AKBP Jaka Wahyudi

Termasuk berbagai kunjungan pejabat dari tingkat pusat, mulai dari Presiden Joko Widodo panen jagung di areal hutan dan peresmian Bendung Randung Gunting.

Menteri Pertanian dan para dirjen pertanian sangat intensif hadir untuk mendorong memajukan pertanian di Kabupaten Blora. (Setyorini) 


Post a Comment

0 Comments