Harlah Pancasila 1 Juni 2024, Bupati Blora Sebagai Inspektur Upacara

INFOKU, BLORA - Bupati Blora Arief Rohman, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora, Sabtu 1 Juni 2024. 

Upacara diikuti oleh jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, TNI-Polri, Sat Pol PP, Aparatur Sipil Negara (ASN), Organisasi Wanita, Organisasi Masyarakat, Pelajar dan Pramuka. Rangkaian upacara berjalan khidmat dan lancar, mulai dari penghormatan, pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, amanat inspektur upacara hingga pembacaan doa serta acara tambahan.

Dalam amanatnya, Bupati Blora Arief Rohman membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi, dimana harlah Pancasila tahun ini mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Baca juga : Akhirnya, Pemkab Blora Batalkan Pelantikan 22 Pejabat

Dikatakannya, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Yang intinya di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”

Selesai upacara dilanjutkan acara tambahan gerakan pembagian bendera merah putih yang ditargetkan 10 juta bendera merah putih.

Baca juga : Sebanyak 13 ASN Blora Ajukan Izin Cerai dalam waktu 5 Bulan

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Blora Arief Rohman, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati dan unsur Forkopimda Blora serta pimpinan OPD kepada sejumlah perwakilan penerima. (Endah/KOM) 


Post a Comment

0 Comments