Daging Hewan Kurban Aman Dikonsumsi Dijamin Pemkab Blora

INFOKU,BLORA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menjamin, daging kurban di Blora aman dikonsumi karena kondisi hewan sehat. 

Karena telah dilakukan pemeriksaan secara intensif baik sebelum atau sesudah disembelih.

“Kondisinya hewan  sehat dan daging kurban dijamin aman dikonsumsi. Tim kami, termasuk dokter hewan telah melakukan pemeriksaan secara intensif baik sebelum dan sesudah disembelih. Kita sudah menerjunkan petugas di lapangan untuk memeriksa sapi kurban," kata Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Blora Ngaliman, saat melakukan pemantauan di rumah potong hewan (RPH) Blora, Senin (17/6/2024).

Baca juga : Indikasi Data PJU Kurang Akurat dan Terkini, Dinrumkimhub Blora Proses Pembaharuan

Dari hasil pemantauan di beberapa RPH menurut Ngaliman, sapi untuk kurban relatif gemuk-gemuk, hal itu karena peternak mulai maju dalam memelihara serta merawat sapi.

Peternak sudah tahu, sapi sebelum digemukkan harus diberi obat cacing terlebih dulu sehingga cacingnya hilang.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Rasmiyana menandaskan,  pemeriksaan hewan (khususnya sapi) sudah diintensifkan sebulan menjelang Iduladha 1445 H dan hampir tiap hari dilakukan petugas keswan DP4 Blora.

“Pengecekan sapi dan kambing hampir tiap hari, dimulai dari pengepul/pedagang sapi, baik itu sapi yang akan di kirim ke luar daerah, di pasar hewan atau pesanan, ataupun di masyarakat dan kelompok ternak,” jelasnya.

Menurutnya, pemeriksaan fisik dimulai dari umur sudah dewasa yang bisa dilihat dari pergantian gigi.

Baca juga : Ketua DPRD Blora Hibahkan Satu Hektar Tanah Pribadi

Dari inspeksi eksternal dilihat dari kulit halus tanpa penyakit kulit, dan lubang-lubang tubuh mulut dilihat gigi dan mulut tidak ada luka/abses, mata cerah, telinga tidak ada luka atau parasit, anus bersih tidak kotor karena diare, penis sehat atau bersih.

Sementara itu Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Blora Endah Tri Susanti,  mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang masih mempercayakan penyembelihan hewan kurban di RPH Blora yang baru.

“Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada masyarakat yang masih mempercayakan untuk menyembelih hewan kurban di RPH. Di RPH Blora salah satunya sudah ada juru sembelih hewan (Juleha) yang telah bersertifikat dari Kemenag,” ucapnya. 

Meski demikian pihaknya menyadari bahwa penyembelihan hewan kurban tidak harus dilakukan di RPH melainkan boleh di perumahan dan lingkungan desa/kelurahan. (Endah/IST) 


Post a Comment

0 Comments