Berharap Tarik Investor untuk Pembangunan Blora, Gelar Festival “Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora 2024”

INFOKU,BLORAKepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Iwan Setiyarso menekankan, Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2024 yang terpilih seleksi nantinya diharapkan mampu menarik investor lewat kemampuannya untuk mempromosikan potensi alam, wisata, seni budaya, serta produk unggulan Kabupaten Blora. 

Para Peserta Kakang & Mbakyu Duta Wisata Blora 2024 saat Seleksi Tulis di GOR Mustika 

“Dengan pengenalan dan promosi potensi daerah, diharapkan mampu menarik investor untuk berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Blora dan mampu menarik wisatawan domestik dan mancanegara,’’ jelasnya Selasa (11/6/2024).

Tak hanya itu lanjut Iwan, diharapkan dengan adanya pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata di setiap tahunnya akan bisa menjadi wadah bagi anak-anak Blora untuk mengeksplore kemampuannya.

Sementara pada seleksi tersebut ada sejumlah kriteria untuk menjadi Kakang Mbakyu Duta Wisata 2024.

Baca juga : Cegah Perundungan Pelajar, Bagsumda Polres Blora Gelar Psikoedukasi

Antara lain, berusia 17 hingga 24 tahun, belum menikah, berpenampilan menarik, memiliki pengetahuan terkait potensi daerah dan pariwisata dasar.

Nantinya, seleksi akan menghasilkan duta wisata yang akan menggantikan tugas duta wisata Kabupaten Blora tahun sebelumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinporabudpar Blora Yeti Romdonah menjelaskan, dari 287 peserta yang mengikuti tes tertulis tersebut ada sejumlah peserta yang tidak hadir.

“Ada sekitar 37 peserta yang tidak hadir, dan belum ada konfirmasi. Mereka secara otomatis langsung dinyatakan gugur," jelasnya.

Seleksi tertulis tersebut dimaksudkan untuk menguji beberapa kemampuan dasar para calon Duta Wisata.

Seperti tentang pariwisata dan ekonomi kreatif dasar, potensi daerah, etika, kemampuan berbahasa Inggris, bahasa Jawa, dan pengetahuan umum.

“Dalam tes tulis mereka  mengerjakan 110 soal yang sudah disiapkan oleh panitia dengan durasi dua jam," terangnya.

Baca juga : Orang Tua Siswa Lebih Memilih Sekolah Swasta Daripada SD Negeri

Setelah tes tertulis, mereka akan disaring menjadi 15 pasang untuk mengikuti tes wawancara yang didalamnya mereka akan menyiapkan presentasi.

Untuk tahapan selanjutnya akan diambil 12 pasang peserta untuk mengikuti bimtek terkait kepariwisataan dasar, promosi pariwisata, potensi Kabupaten Blora, public speaking, bahasa Inggris, dan bahasa Jawa.

Ditambahkan, setelah bimtek nanti akan kembali diseleksi menjadi delapan pasang peserta yang akan dikarantina selama tiga hari dari 8-10 Juli 2024.

Setelah itu pada 12 Juli 2024 masuk grand final yang akan diselenggarakan di halaman Setda Blora.

Baca juga : Badan Geologi Kementerian ESDM Teliti Empat Situs Geoheritage Blora

Sebelumnya, ratusan peserta telah lolos seleksi administrasi dan menyingkirkan sekitar 200 peserta lainnya. (Setyorini/IST) 


Post a Comment

0 Comments