KIPAS PAKAI SDA, Inovasi Penanganan Longsoran di Dukuh Kali Klampok Desa Jomblang

INFOKU,BLORAPemkab Blora melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Jomblang  melakukan penanganan longsoran di Dukuh Kali Klampok. 

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Blora Surat menerangkan, kolaborasi itu dilaksanakan dalam bentuk inovasi yang disingkat Kipas Pakai SDA.      

“Jadi Kipas Pakai SDA, adalah inovasi kami di DPUPR Bidang SDA, yaitu Kolaborasi dan Partisipasi Penanganan Kebencanaan Infrastruktur Sumber Daya Air,” kata Surat saat meninjau lokasi penanganan longsoran di Dukuh Kali Klampok Desa Jomblang, Kecamatan Jepon, Senin (27/5/2024).

Dikatakannya, tahun lalu Kades Jomblang sudah berkirim surat kepada DPUPR minta bantuan agar bisa dilaksanakan penanganan longsoran karena lokasinya merupakan askses jalan utama warga Dukuh Kali Klampok.

Baca juga : Komisi A Tegas Beri Rekomendasi Pemberhentian Kades Sendangharjo, Diduga Nikah Siri dan Hilangkan Aset

“Jadi saling melengkapi antara Pemkab Blora melalui DPUPR Bidang SDA dengan Pemerintah Desa, untuk saling support, kolaborasi. Sesuai ketersediaan alokasi anggaran, maka kami fokuskan untuk pengadaan material bronjong, sedangkan batu belahnya dikolaborasikan dengan pemerintah Desa Jomblang,” bebernya.

Sedangkan partisipasi masyarakat lanjut Surat, dilakukan dalam bentuk gotong royong tenaga.

Menurutnya hal tersebut adalah inovasi DPUPR Blora dalam rangka penanganan kebencanaan supaya cepat dan tepat sasaran. Adapun 60 bronjong sudah disalurkan ke lokasi dan penanganan longsoran sudah dimulai.

Selain di Desa Jomblang, Surat menyebut pada Januari 2024 pihaknya sudah menerapakan Kipas Pakai SDA di Desa Jimbung Kecamatan Kedungtuban dan Desa Nglebur Kecamatan Jiken.

“Setelahnya yang sudah siap lagi di desa Pelem Kecamatan Blora,” terang Surat.

Kepala Desa Jomblang Agus Mukmin mengatakan, pemdes siap melakukan kolaborasi dengan DPUPR Bidang SDA untuk penanganan longsoran di Dukuh Kali Klampok yang kurang lebih dua tahun terjadi.

Baca juga : Menanti Keputusan Bupati terkait Kasus Pelanggaran Kades Sendangharjo Blora

“Kami siapkan material batu belah, sedangkan DPUPR membantu bronjong, untuk tenaga nanti dikolaborasikan dengan warga sekitar,” ucapnya.

Agus Mukmin menambahkan setelah penanganan longsoran selesai, maka untuk membantu kelancaran warga Dukuh Kali Klampok, segera akan dilakukan pavingisasi jalan yang kondisinya saat ini masih berbatu.

“Jadi menunggu longsoran ini dibronjong terlebih dulu, kebetulan memang sudah kita agendakan melalui APBDes untuk dipaving,” tegasnya.  (Endah/KOM) 


Post a Comment

0 Comments