Jalani Tes Garjas, Jadi Syarat Kenaikan Pangkat Prajurit Kodim Blora

INFOKU,BLORA – Kodim 0721/Blora menggelar tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik I 2024 terhadap prajurit Kodim 0721/Blora, Rabu (15/5/2024). 

Kasdim Mayor Inf. Bani mengatakan tes garjas juga merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi seorang prajurit.

Digelar selama satu hari, tes garjas berlangsung di Lapangan Yonif 410/Alugoro, Kabupaten Blora.

Tes meliputi, Garjas A lari dengan waktu 12 menit, dan Garjas B melakukan gerakan pull up, push up, sit up, serta shuttle run ditambah ketangkasan renang dasar militer dengan jarak 50 meter.

Baca juga : Petani Mengeluh, Harga Beli Tebu Dianggap Rendah

Sebelum tes dimulai, prajurit terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan dan dilanjutkan dengan senam peregangan.

“Tes kesegaran jasmani secara periodik ini adalah program rutin dari komando atas sebagai tolak ukur pembinaan satuan (Binsat). Garjas ini juga salah satu syarat untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi seorang prajurit dengan kriteria sesuai dengan standar kelulusan yang telah ditentukan,” ujar Kasdim.

Kasdim menekankan kepada anggota yang melaksanakan tes Garjas, untuk melakukan kegiatan dengan maksimal dan penuh rasa tanggung jawab, namun demikian harus tetap mengutamakan faktor keamanan dan disesuaikan dengan kemampuan masing–masing.

“Laksanakan kegiatan ini dengan serius dan penuh semangat, dengan mengutamakan faktor keamanan, ikuti semua yang diinstruksikan tim penguji agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan,” pesan Mayor Inf Bani kepada anggota.

Baca juga : Petani Mengeluh, Harga Beli Tebu Dianggap Rendah

Usai melaksanakan tes kesegaran jasmani A dan B di Lapangan Yonif 410/Alugoro dilanjutkan dengan tes ketangkasan renang yang bertempat di kolam renang Tirtonadi Blora di Kelurahan Kedungjenar Kecamatan Blora.(Setyorini/IST


Post a Comment

0 Comments