Faktor “Gus” dan Dukungan Pesantren Wujudkan PKB Menangkan Pileg di Blora

INFOKU, BLORA  Hasil Perhitungan akhir Pemilihan Legislatif (PilegDPRD Blora 2024-2029 telah nampak siapa pemenangnya usai rampung rekapitulasi suara tingkat Kabupaten. 

Sesuai prediksi awal, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat suara terbanyak.

Euforia tersebut dirasakan Bupati Blora, Arief Rohman. Menurutnya, ada strategi jitu partai yang dimotorinya itu.

Dia mengungkap, strategi jitu dalam memenangkan pada kontestasi Pemilu 2024 itu.

Menurutnya, akar rumput partainya menjadi salah satu faktor kuat menggeser PDIP yang menjadi pemenang Pileg periode lalu.

“Strateginya, banyak caleg (calon legislatif) punya basis kuat. Tentu dari sinergisitas dan kekompakannya,” ungkap Arief yang juga Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah wartawan, Sabtu sore lalu (2/3).

Baca juga : Prediksi, PKB Dapat 11 Kursi & PDIP 8 Kursi DPRD Blora

Dia juga mengatakan, berdasar data dihimpun PKB diprediksi mendapat 11 kursi dari 45 kursi DPRD Blora.

Di Blora sendiri terbagi lima daerah pemilihan (dapil). Partai bergambar jagat ini memperoleh 141.870 suara.

“Sebagai Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah, saya memberikan apresiasi dan selamat untuk PKB Blora. Dalam sejarah pemilu diadakan, untuk kali pertamanya menorehkan sejarah bakal menjadi ketua DPRD,” ucapnya.

Menurutnya, setelah merinci perolehan PKB dari lima dapil tersebut, di dapil 1 mendapat 3 kursi, dapil 2 dapat 2 kursi, dapil 3 dapat 1 kursi, dapil 4 dapat 3 kursi, dan dapil 5 dapat 2 kursi.

Terlebih, politisi dari kalangan santri juga banyak mendapat dukungan dari pondok-pondok di wilayah Blora.

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang, Tetap Jaga Persatuan Dan Kesatuan

Selain dukungan dari berbagai kalangan, caleg yang bertarung juga memiliki basis kuat dan bisa dikatakan petarung politik.

Sehingga, mampu mendongkrak dari semula 8 kursi bertambah 3 kursi menjadi 11 kursi DPRD.

“Gus-gus (sebutan anak kiai) yang lolos empat orang. Incumbent (petahana) juga banyak yang lolos,” ungkapnya.

Pihaknya juga masih menunggu pengumuman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora. Bupati Arief yang juga politikus PKB ini mengungkapkan, berdasar data terhimpun, prediksi perolehan suara dan kursi DPRD Kabupaten Blora pada Pemilu 2024 bakal diisi 10 partai politk (parpol).

Di antaranya PKB mendapat 11 kursi dengan 141.870 suara, PDIP mendapat 8 kursi dengan 103.585 suara, Partai Golkar mendapat 5 kursi dengan 61.430 suara, Partai Gerindra mendapat 5 kursi dengan 57.634 suara, dan Partai NasDem mendapat 5 kursi dengan 56.357 suara.

Baca juga : Pemilu di Blora Tidak Ditemukan Upaya Rekayasa, Intimidasi, Kecurangan dan Pelanggaran TSM

Kemudian, Partai Demokrat mendapat 3 kursi dengan 37.955 suara, PPP mendapat 3 kursi dengan 34.930 suara, PKS mendapat 3 kursi dengan 32.631 suara, Partai Perindo mendapat 1 kursi dengan 8.841 suara, dan Partai Hanura mendapat 1 kursi dengan 7.384 suara. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments