Penuh Tantangan, Evakuasi Korban Banjir Warga Desa Bergolo Blora Yang Terisolir


INFOKU, BLORAEvakuasi tiga warga Desa Bergolo Kecamatan Ngawen yang rumahnya terendam banjir luapan Sungai Lusi penun tantangan

Selain harus menempuh jalur yang cukup jauh, tiga warga itu sempat menolak dievaluasi.

Evakuasi sulit dilakukan karena rumah itu ada di seberang hutan dengan ketinggian air 1,5 meter. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus melewati hutan untuk bisa evakuasi warga.

"Karena lokasi dipinggir hutan, saat melakukan evakuasi kami harus berputar arah untuk menuju permukiman warga yang terdampak luapan sungai lusi," kata Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Blora Agungtri kemarin (5/2).

Baca juga : Ada 37 Rumah Diterjang Puting Beliung, Satu Rumah di Desa Ngliron Blora Ambruk

Agung menceritakan, ada tiga warga yang menghuni permukiman di kawasan hutan tersebut. Karena akses terdekat tidak bisa dilewati.

Akhirnya untuk evakuasi warga harus menempuh jalur hutan dengan memakai speed boat. Perahu tidak memungkinkan untuk melewati jalur.

"Jalur terdekat yang biasanya dilalui alirannya cukup deras, perahu biasa tidak bisa lewat," jelasnya.

Pihaknya mengaku saat proses evakuasi menghadapi tantangan, karena tiga rumah tersebut terisolasi dari permukiman warga.

Selain itu, warga tidak ingin dievakuasi ke tempat yang aman. Padahal potensi luapan air sungai lusi masih berpotensi naik dengan kondisi hulu hujan.

"Awalnya tidak mau dievakuasi, tapi setelah kami bujuk akhirnya semua warga mau dievakuasi," ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, sementara tiga rumah warga terendam banjir luapan Sungai Lusi setinggi 1,5 meter.

Baca juga : Ada 144 Peristiwa Kebakaran di Blora Tahun 2023 Disebabkan Kelalaian Manusia

Menurutnya, kondisi tersebut disebabkan hulu sungai lusi hujan dengan intensitas tinggi. Terkait dengan tutupan hutan di hulu, pihaknya tidak mengetahui secara pasti.

"Kalau masalah tutupan hutan di hulu sungai lusi bukan kewenangan kami," ucapnya. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments