Banyak Warga Blora Urus KTP Jelang Pemilu 2024

INFOKU, BLORA - Jelang pemilu 2024 para pemilih pemula banyak mengurus kartu tanda penduduk (KTP). 

Animo masyarakat tersebut membuat pelayanan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) harus lebih ekstra. Bahkan, tetap buka saat hari libur.

Kepala Disdukcapil Blora Djoko Sulistiyono mengatakan, upaya ini sebagai wujud turut andil mensukseskan pemilu 2024. Sebab, akhir-akhir ini banyak masyarakat membuat KTP baru.

“Sekarang ini kan hanya dengan KTP atau KK sudah punya hak mencoblos. Maka dari itu ini kami beri pelayanan ekstra di tanggal merah kami tetap buka. agar masyarakat khususnya pemilih pemula bisa lakukan perekaman E-KTP,’’ jelasnya.

Baca juga : Mulai 11 s/p 13 Pebruari, Bawaslu Blora Perketat Pengawasan Pemilu 2024

Setidaknya, bulan ini ada tiga libur tanggal merah dimana pihaknya tetap membuka layanan perekaman E-KTP untuk para pemilu. Yaitu, mulai tangga 8 hingga 9 Februari. Dan, tanggal 14 Februari.

“Kami tetap buka setengah hari. Proses perekaman hanya di kantor dinas saja. Kecamatan tidak. Jadi siswa SMA yang menginjak 17 tahun di tanggal itu atau bahkan pemilih pemula lainnya seperti purnawirawan ingin mengurus untuk menggunakan hak pilihnya nanti juga silahkan. Ingat, khusus pemilih pemula saja,’’ tegasnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Mohamad Cahyanto menambahkan, ketersediaan blangko E-KTP masih cukup banyak.Sehingga tak ada kekhawatiran habis.

Baca juga : Tahun Ini Rp 261,6 miliar Dana Desa di Blora, Naik Rp 3,6 Miliar

“Setidaknya sekarang ada 12 ribu blangko. Ketersediaan itu lebih dari cukup,’’ tandasnya.

Dia juga menambahkan, selama ini pihaknya juga menggunakan sistem jemput bola untuk proses perekaman E-KTP di siswa SMA. (Endah/IST




Post a Comment

0 Comments