Waspada Ancaman Penyakit Pneumonia, Jaga Pola Hidup Sehat

INFOKU, BLORAAntisipasi ancaman  penyakit pneumonia, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora Edi Widayat meminta pelayanan kesehatan baik di Rumah Sakit dan Puskesmas untuk peningkatan kewaspadaan. 

Hal itu menindaklanjuti Surat Edaran Nomor: PM.03.01/C/4632/2023 yang disampaikan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes tentang Kewaspadaan Terhadap Kejadian Mycoplasma Pneumonia di Indonesia.

“Dinkes Blora meneruskan Surat Edaran tersebut ke unit pelayanan kesehatan baik Rumah Sakit dan Puskesmas. Untuk peningkatan kewaspadaan penyakit pernafasan terutama pneumonia,” jelas Kadinkes Blora, Edi Widayat, Sabtu (2/12/2023).

Baca juga : Waspada Bencana, BPBD Blora Diminta Siapkan Posko Aduan

Dijelaskannya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meminta seluruh jajarannya siaga mengantisipasi ancaman penyakit pneumonia.

Langkah sigap tersebut menindaklanjuti laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa telah terjadi peningkatan kasus undefined pneumonia yang telah menyerang anak-anak di wilayah Tiongkok Utara. “Kita mengimbau masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat,” tuturnya.

Mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air dapat membantu mencegah penyebaran kuman yang dapat menyebabkan pneumonia.

Baca juga : Stigma Buruk di Masyarakat, Minimnya Jumlah Personel Damkar di Blora Menyebabkan Penaganan Kurang Maksimal 

Pola hidup sehat seperti berhenti merokok, olahraga teratur, tidak minum beralkohol dan diet seimbang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah pneumonia. (Endah)  


Post a Comment

0 Comments