Rubah Pos Ronda, Mahasiswa KKN UNY Wujudkan Rumah Baca Umum

INFOKU, BLORA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat dan meluncurkan Rumah Baca dengan memanfaatkan pos ronda di RT 02/RW 01 Dusun Glagahan Desa Jepangrejo Kec/Kab Blora, Jawa Tengah. 

“Rumah Baca ini kami buat dalam rangka meningkatkan literasi minat baca masyarakat di Dusun Glagahan Desa Jepangrejo,” kata Erika, Ketua Tim KKN UNY, Rabu (13/12/2023).

Pembuatan rumah baca itu, kata dia, meski sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah desa Jepangrejo dan warga masyarakat setempat, namun kedepan masih perlu tambahan buku bacaan yang bermanfaat.

Rumah baca tersebut nantinya dibuka secara umum baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun masyarakat sekitar, meskipun tempatnya di pos ronda.

“Dalam pembangunan rumah baca dibantu oleh para warga Dusun Glagahan, karena tanpa bantuan  maka proker tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar, kami sampaikan terimakasih,” terangnya.

Baca juga : Mahasiswa KKN Lintas Universitas Beri Masukkan ke Pemkab Blora

Sebagai sarana dan prasarana rumah baca, maka tim KKN UNY di Dusun Glagahan mengadakan open donasi berupa buku (buku fiksi/non fiksi, sejarah, pengetahuan agama, keterampilan dan buku gambar/mewarnai) yang disebarkan melalui sosial media.

“Tentu saja kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan di bidang literasi karena minimnya sumber daya baca dan supaya masyarakat sekitar lebih giat membaca  sehinga nantinya mereka memiliki wawasan yang luas, juga sebagai wadah pembelajaran dan aktivitas positif,” kata Nadia, Pj Proker Utama Kelompok Pembuatan Rumah Baca.

Nadia berharap, dengan adanya taman baca ini, khususnya anak-anak lebih mempunyai semangat dalam berliterasi (membaca), termasuk pengelolaan yang berkelanjutan oleh warga setempat.

Sementara itu, Aldi, Asila, Fajar, Anna, Ardi, Dila, mahasiswa KKN UNY lainnya, berharap bahwa dengan adanya inisiasi rumah baca ini mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat sekitar dan menggunakan waktu untuk membaca.

Baca juga : Mahasiswa UNY Gelar Pekan UMKM Blora

“Kedepannya rumah baca ini secara intensif bisa dikelola oleh karang taruna agar tetap bermanfaat dan sekaligus menjadi kenangan terindah dari kami di akhir KKN,” ucap Fajar yang diamini teman lainnya.

Sedangkan Aldi, menambahkan, rumah baca itu diluncurkan  dalam rangka mangayubagya peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora dan bertepatan dengan peringatan Hari Nusantara 13 Desember 2023. 

“Sekali lagi, kami mengucapkan terimakasih kepada salah seoramg pengusaha di Dusun Glagahan yang telah berkenan, kami repoti, sehingga dibuatkan rak buku yang bagus,” ungkapnya. (Setyorini/IST


Post a Comment

0 Comments