Melestarikan Nilai Luhur Bangsa Melalui Kirab Budaya Hari Jadi Blora ke 274

INFOKU, BLORA - Peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora pada tanggal 11 Desember 2023 mengusung tema "Guyub Rukun Sesarengan Mbangun Blora Berkelanjutan, Nguri-Uri Budaya Hingga Desa”. 

Tema itu sebagai cerminan semangat kebersamaan, persatuan, guyub rukun melanjutkan pembangunan daerah tanpa melupakan pelestarian seni budaya lokal.

Dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam peringatan tersebut, diharapkan tetap dapat menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga memiliki Blora.

Pemerintah Kabupaten Blora melaksanakan Kirab Budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora Tahun 2023 sebagai wadah menampung kreasi, ekspresi, dan apresiasi masyarakat Kabupaten Blora untuk melestarikan nilai-nilai luhur bangsa.

Baca juga : Misteri : Jaya Dipa Bupati Pertama Blora (Mataram)

Kirab budaya dilaksanakan sehari sebelum peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora, yakni pada Minggu, 10 Desember 2023.

Dengan mengenakan busana adat Jawa, Bupati Blora H. Arief Rohman dan istri Hj. Ainia Shalichah menyapa ribuan warga masyarakat pada event kirab budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora.

Begitu juga Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, bersama suami serta unsur Forkopimda Blora lainnya juga turut serta menyapa warga masyarakat di kirab budaya itu.

Demikian pula Sekda Blora Komang Gede Irawadi bersama istri memimpin kirab budaya dari Setda Blora. Demikian pula Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, tampil bersama pimpinan masing-masing.

Kirab budaya menggambarkan perjalanan pemerintahan Kabupaten Blora dari masa ke masa dengan menonjolkan budaya dan kearifan lokal setempat berlangsung sukses dan meriah serta aman.

Baca juga : Refleksi Hari Jadi Blora “Jangan Kaburkan Sejarah Blora”

Selama dalam perjalanan, warga masyarakat khususnya pelajar dan remaja, saling berebut jabat tangan dengan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres dan Sekda Blora.

Ribuan gawai milik penonton tak lepas dari genggaman tangan untuk membuat dokumentasi baik foto maupun video, terlebih adanya aneka tampilan seni seperti barongan dan tari kreasi.(Endah) 


Post a Comment

0 Comments