Perlu Diberitakan terkait Kinerja dan Potensi yang Bisa Mengangkat Pamor OPD

INFOKU, BLORA - Admin website Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Blora diajak cerdas, cepat dan akurat dalam mempublikasikan informasi (berita). 

Kendati demikian, perlu memperhatikan tingkat kelayakan berita dengan memperhatikan kaidah jurnalistik sebelum diunggah ke website.

Hal itu disampaikan wartawan senior Blora H. Urip Daryanto pada bimbingan teknik jurnalistik (dasar) admin website OPD se Kabupaten Blora di ruang pertemuan Hotel Sekipan Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Kamis (9/11/2023).

Urip Daryanto mengatakan tidak setiap kejadian bisa dituliskan menjadi berita.

Ada persyaratan yang perlu dipenuhi agar suatu kejadian atau suatu peristiwa layak diberitakan. 

Baca juga : Wartawan di Blora Usai Disuntik Vaksin Covid 19, Inilah Komentarnya

"Layak berita atau nilai kejadian merupakan persyaratan awal sebelum menulis berita," tegasnya.

Kepada admin website OPD, menurut Urip, perlu disepakati setiap yang menyangkut kinerja dan berpotensi bisa mengangkat pamor OPD bisa dituliskan menjadi berita (bahan medsos).

"Misalnya tentang kinerja, sosialisasi atau berbagai kegiatan di masing-masing OPD yang perlu diketahui oleh masyarakat. Tentu kepentingan pemberitaan di masing-masing OPD akan berlainan," terangnya.

Baca juga : Inilah 5 Desa Peroleh Dana Desa Tertinggi di Blora, Ada Yang Tembus Rp 2 Milyar

Karena itu sebelum menulis berita tentang suatu peristiwa, perlu ditentukan terlebih dulu, penting atau menarik untuk diberitakan.

Urip mengungkapkan, unsur layak berita meliputi penting, besar, waktu, kedekatan, tenar dan manusiawi.

"Teknik menulis berita adalah piramida terbalik, yakni menempatkan semua informasi penting pada bagian awal, kemudian makin ke bawah memuat informasi yang kurang penting," tegasnya. 

Baca juga : Sebut Tetangga "Genderuwo" di Group WhatsApp , Polisi di Blora Dijatuhi Hukuman Disiplin

Dikatakannya, sebenarnya menulis berita sudah dilakukan ASN. Saat membuat laporan ke pimpinan yang selalu menggunakan siapa, bilamana, dimana, bagaimana dan mengapa. 

Nampak para admin website OPD se Kab Blora antusias mengikuti bimtek dan merespon dalam sesi tanya jawab. (Setyorini/IST) 


Post a Comment

0 Comments