Lansia Korban Rumah Roboh Terima Bantuan Pemkab Blora

INFOKU, BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOS P3A) kunjungi lansia di wilayah kelurahan Jepangrejo, yang mengalami musibah rumah roboh saat sedang diperbaiki. 

Kedatangan Dinsos P3A bersama  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan pemerintah kecamatan Blora, Kamis (9/11/2023) tak lain untuk menyerahkan bantuan sembako pada lansia bernama Mbah Mangsi (66), warga Jepangrejo 1 (satu), RT 01/RW 06.

Pelaksana tugas (Plt) Dinsos P3A Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi, yang hadir menyerahkan bantuan langsung.

Dia mengaku mendapatkan informasi dari masyarakat jika diwilayah Desa Jepangrejo ada warga lansia, sedang memperbaiki rumah, tiba-tiba tak ada angin, hujan rumahnya roboh rata dengan tanah.

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh masyarakat tersebut kepada pihaknya tentu bukan tanpa alasan.

Baca juga : Hanya ada 1 Orang, Pemkab Blora Akui Krisis Tenaga Psikolog

Sebab, karena keterbatasan ekonomi, dan kejadian tersebut sudah berlangsung selama kurang lebih seminggu.

Sehingga tak bisa kembali seperti semula rumah tersebut, akhirnya bersama BPBD dan pemerintah kecamatan Blora kota, turun langsung ke lokasi.

Selain itu, Dia juga mengungkapkan bahwa pemberian bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban pemilik rumah yang roboh sehingga diharapkan bisa mengurangi beban dari yang terkena musibah.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi pemilik rumah yang roboh. Dan, Kedepannya kita juga koordinasikan dengan bazanas. tadi sudah kita sampaikan ke pak lurah agar membuat proposal surat permohonan ke bazanas," ungkapnya.

Kepala Desa (Kades) Jepangrejo, Sugito menjelaskan bahwa Pemerintah Desa yang iya nahkodai tersebut akan selalu membantu warganya yang mengalami musibah.

Baca juga : Sebut Tetangga "Genderuwo" di Group WhatsApp , Polisi di Blora Dijatuhi Hukuman Disiplin

Dari satu korban yang mengalami rumah roboh tersebut, bantuan yang disalurkan kepada Mangsi (66) berupa uang tunai.

“Hari ini, Kami bersama perangkat Desa, Bhabinkamtibmas, PKK dan mahasiswa KKN UNY Yogyakarta, dirumahnya Mbah mangsi, di RT 01/RW 06 yang pada saat satu Minggu yang lalu mengalami musibah rumahnya roboh, karena diperbaiki," ucapnya.

"Jadi, kami hadir dari pemerintah desa dengan sedikit memberikan bantuan untuk memberikan keringanan pada Mbah Mangsi. mudah mudahan rumahnya segera dapat selesai dan di gunakan kembali. karena dengan usia Mbah Mangsi yang sudah lansia ini, kami ikut berprihatin baik secara pemerintah desa maupun global," ucapnya kembali.

Lebih lanjut, dirinya juga menceritakan bahwasanya kejadian tersebut diluar dugaan, karena, sebelumnya sebelum rumah lansia ini diperbaiki sudah direncanakan dengan matang.

Baca juga : Ruang Laboratorium Komputer SMPN 2 Kedungtuban Belum Juga Diperbaiki

"Jadi, kejadiannya diluar dugaan, karena tidak ada angin dan sudah disiapkan oleh tukangnya dengan sebaik-baiknya, namun demikian ini semuanya musibah yang rumahnya menjadi roboh dan kayunya banyak yang hancur, termasuk gentengnya, semuanya hancur. sehingga ini memerlukan perbaikan yang lumayan juga," ungkapnya.(Endah)  


Post a Comment

0 Comments