Polres Blora Gelar Deklarasi Pemilu Damai Dan Rakorlinsek

INFOKU, BLORA - Polres Blora  menggelar Rapat Koordinasi lintas sektoral (Rakorlinsek) dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan dan pengamanan tahapan Pemilu 2024, dengan tujuan memastikan kelancaran, keamanan dan kedamaian pemilu. 

Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi menggarisbawahi pentingnya tahun 2024 sebagai momen politik krusial. Karena akan diselenggarakan pemilihan Presiden, Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, serta Walikota dan wakil Walikota secara serentak.

“Rangkaian kegiatan ini merupakan tugas yang berat, karena hasilnya akan memengaruhi masa depan Bangsa dan Negara. Namun, Polres Blora bersama dengan instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat telah bersiap untuk melaksanakan pengamanan pemilu dengan baik,” kata Kapolres Blora AKBP Agus Puryadi kepada media  seusai rakor, di rumah saung,Kamis (12/10/2023).

Baca juga : Mengapa Kapolres Blora Ngopi Bareng Warga Di Desa Jepangrejo, Ini Lho Jawabnya

Kapolres mengatakan kesiapan pengamanan yang dilakukan Polres Blora yaitu mengamankan jalannya pesta demokrasi dari mulai tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu di bulan Juli 2023 sampai dengan pelantikan Presiden dan wakil Presiden pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Dia menambahkan guna mengantisipasi segala potensi spektrum ancaman yang terjadi pada setiap tahapan pemilu, Polres Blora siap mengamankan dengan 825 personel dan dibantu oleh personel TNI, Satpol PP dan Linmas serta steakholder lainnya.

“Dan totalnya ada 1.425 personil,” ujar AKBP Agus Puryadi.

Dia juga menegaskan bahwa diperlukan kerjasama yang baik dimana KPU selaku penyelenggara pemilu, Polri, TNI dan Linmas selaku pengamanan, Partai Politik selaku peserta Pemilu dan Bawaslu selaku pengawas dan penegakan hukum sebagai upaya dalam menjaga kondusifitas di Kabupaten Blora.

Baca juga : Diperkosa Tujuh Pemuda, Siswi Difabel di Blora Sampai Hamil

Dalam hal ini, lanjutnya, dibutuhkan komitmen bersama antara penyelenggara pemilu, aparat keamanan dan peserta pemilu serta seluruh elemen terkait.

“Perlu kami tegaskan bahwa kami Polri dan TNI solid dan tetap menjaga netralitas dalam mengawal setiap tahapan pemilu, oleh karenanya melalui kesempatan yang baik ini kita wujudkan dalam deklarasi damai pada akhir acara nanti sebagai upaya mengawali terciptanya pemilu yang aman, lancar dan damai,’ pungkas AKBP Agus Puryadi. (Endah)  


Post a Comment

0 Comments