Kagama Blora Support Kegiatan Mahasiswa KKN-PPM UGM


INFOKU, BLORA - Langkah yang cerdas dilakukan sejumlah perwakilan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di desa Tunjungan dan Kedungrejo Kecamatan Tunjungan, Kab. Blora Jateng.

Mereka melaksanakan silaturahmi kepada Ketua Pengurus Cabang Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) Kabupaten Blora, serta diterima dan disambut baik dengan penuh rasa kekeluargaan oleh Ketua Pengcab Kagama Blora Achlif Nugroho Widi Utomo atau yang akrab disapa Mas Uut di ruang kerja Komisi D DPRD Blora, Senin kemarin.

"Alhamdulillah, Pak Achlif menerima kami dengan kekeluargaan, kami sampaikan maksud dan tujuan, mohon petunjuk dan arahan, serta kemitraan," kata Pramesti, salah mahasiswa KKN-PPM UGM.

Selain itu, tidak terduga mereka juga berkesempatan bertemu dengan Bupati Blora H. Arief Rochman, setelah mengikuti agenda rapat paripurna DPRD Blora.

Baca juga : IPB dan UGM Tempatkan 180 Mahasiswa KKN di Blora

Rombongan perwakilan mahasiswa KKN-PPM UGM yang terdiri Devina selaku ketua tim, Aida, Pramesti, Wahyu dan Audi.

Selain untuk bersilaturahmi mereka juga menyampaikan proposal kemitraan, optimalisasi kawasan agropolitan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melaluhi kegiatan ekonomi kreatif dan pemberdayaan masyarakat di desa Tunjungan dan Kedungrejo Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jateng.

Dalam proposal tersebut secara lengkap telah direncanakan baik sasaran, dukungan anggaran, aksi nyata maupun harapan yang akan dicapai selama pengabdian KKN PPM selama 50 hari kalender mulai 27 juni sampai 13 Agustus 2023.

Di antaranya, upaya peningkatan kreativitas dan pendidikan anak sekolah, peningkatan daya saing yang akan mendorong perkembangan perekoniman berbasis pertanian dan pariwisata, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kepedulian masyarakat akan kesehatan, kerapian dan kebersihan lingkungan.

Baca juga : Pemkab Blora, UGM dan PT ABGS Tandatangani Pengembangan Pertanian & Peternakan

Sementara respon dan tanggapan dari Ketua Kagama pengurus cabang Blora terhadap adik-adik KKN selama berada di tengah- tengah masyarakat berpesan agar bisa membawakan diri dan bersikap yang santun, beretika dan mampu memberikan tauladan yang baik bagi masyarakat.

"Tunjukkan jati diri positif yang menjadi cerminan attitude Universitas Gadjah Mada yang merupakan kampusnya orang pinter-pinter dan siap berjuang untuk membuat perubahan serta perbaikan bagi masyarakat,"  kata Achlif Nugroho Widi Utomo.

Sehingga memberikan kesan positif yang mendalam dan akan selalu dikenang bagi masyarakat.

Mas Uut juga sangat berharap ada karya nyata yang dapat ditinggalkan baik dalam bentuk kegiatan kemasyarakatan di bidang sosial, keagamaan, pemberdayaan ekonomi maupun kegiatan pendidikan dan olahraga di masyarakat yang memiliki dampak positif bahwa kegiatan KKN PPM UGM sangat bermanfaat dan bersejarah bagi kemajuan daerah.

Baca juga : Tampilan Situs Judi Online, Serang Digital Website Desa di Blora

Selain itu dari Pengcab Kagama Blora membuka diri untuk nantinya memberikan support baik dalan bentuk kolaborasi kegiatan, memberikan masukan dan koordinasi lainnya yang dibutuhkan.

Sementara itu Bupati Blora Arief Rohman meminta agar kegiatan KKN mampu mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Blora dan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Setyorini/IST



Post a Comment

0 Comments