Hanya Berkisar 8,5 Persen Jumlah Kades Perempuan di Blora

 

INFOKU, BLORA -  Dari data yang didapat ternyata jabatan kepala desa (kades) masih didominasi kaum adam. Hingga kini tercatat ada sekitar 8,5 persen atau 23 orang kades perempuan yang tersebar di 271 desa.

ilustrasi

Meski demikian, asa perempuan untuk maju dalam pilkades tidak pernah surut. Pada pilkades serentak di 27 desa pada 8 Juli mendatang ada sejumlah cakades perempuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Blora Yayuk Windrati memaparkan, perempuan mempunyai peluang dalam pencalonan pilkades di 27 desa.

Dari data yang dimilikinya beberapa desa penyelenggara pilkades ada calon perempuan yang tampil. Mereka erebut suara dengan calon kades laki-laki.

"Kalau kades perempuan yang sudah menjabat, terdata ada sebanyak 23 orang," ungkapnya.

Baca juga : Sebanyak 64 Cakades Incar 27 Kursi Pilkades Serentak 8 Juli 2023 di Blora

Yayuk mengatakan, di daerah belum ada asosiasi kades perempuan. Kades perempuan harus lebih peka terhadap masalah perempuan yang ada di desa.

Sebab, perempuan dalam kebijakan desa masih masuk dalam kelompok marjinal. Sehingga butuh diberdayakan dengan program-program kades.

"Perempuan sebagai termasuk kaum marginal harus bisa memperjuangkan kepentingan perempuan. Tidak hanya kades perempuan, karena kewajiban itu adalah untuk semua kepala desa agar lebih memperhatikan kebutuhan kaum kaum marginal," katanya.

Baca juga : Blora Didominasi Desa Berkembang, Minim Desa Mandiri

Kepala Desa Gunungan Kecamatan Todanan Karsinem mengungkapkan, masih berusaha untuk menjalankan program pemberdayaan perempuan. Hanya saja beberapa kendala masih dialaminya.

Seperti anggaran yang masih difokuskan pembangunan infrastruktur dan bantuan langsung tunai.

Denpasar Minuman ini bisa membunuh semua parasit di dalam tubuh!

"Desa kami termasuk kecil. Mungkin pemberdayaan kepada ibu-ibu PKK," terangnya.

Karsinem berharap, keterlibatan perempuan dalam kepemimpinan desa bisa lebih banyak. Terlebih saat ini diselenggarakan pilkades dengan beberapa perempuan turut andil sebagai calon kades.

Baca Juga : Calon Kades Boleh Memberi Sumbangan pada Pilkades Blora Serentak

"Kalau pengalaman sebagai kepala desa tidak ada pandangan negatif tentang kepemimpinan perempuan, karena dalam kepemimpinan semua setara," katanya. (Endah/IST)    


Post a Comment

0 Comments