Gempa Bantul Juga Guncang Blora, Warga: Mendadak Mbiyut-mbiyut


INFOKU, BLORA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,4 yang berpusat di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), juga terasa sampai di wilayah Blora, Jawa Tengah.

Foto : ilustrasi

"Pikirku bus besar. Kalau bus itu getar-getar, tapi ini kok goyang-goyang," kata seorang warga Blora, Isnaini Nafisah, kepada detikJateng, Jumat (30/6/2023).

Isnaini merupakan warga Kelurahan Punggursugih, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.

Dia mengaku tidak sempat lari keluar dari rumah atau minta pertolongan lantaran masih berpikir apakah guncangan itu benar gempa atau tidak.

"Saya nggak sampai keluar dari rumah. Saya kan masih mikir, ini motor lewat atau lindu," ujarnya.

Baca juga : Sapi Kurban Jokowi di Blora Mengamuk Sebelum Disembelih

Warga lainnya, Supatmi, merasakan hal yang sama. Saat itu Supatmi sedang berada di kamar.

"Tadi saya lagi tiduran sama anak saya. Mendadak mbiyut-mbiyut. Ini kepala saya yang pusing atau lindu, atau saya yang bingung," jelasnya.

Guncangan yang terjadi di Blora, Jawa Tengah, terjadi pada pukul 19.59 WIB. Gempa dirasakan warga selama beberapa detik.

Berdasarkan pantauan di situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa 30 Juni 2023 pada pukul 19.57 WIB terjadi di laut selatan.

Baca juga : "Jambean" Pakai Gedebok Digelar Saat Acara Sedekah Bumi di Blora

Tepatnya di 86 kilometer barat daya Bantul, DIY, pada kedalaman 25 kilometer. Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo ini, menurut BMKG, tidak berpotensi tsunami.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," begitu saran BMKG.(Endah/IST


Post a Comment

0 Comments