SMP Satu Atap di Blora Masih Buka, Walau PPDB Berakhir

 

INFOKU, BLORATerhitung Rabu 31 Mei 2023, Penerimaan peserta didik baru (PPDB) online jenjang SMP di Blora sudah berakhir.

Namun, tidak demikian untuk sekolah satu atap. Mereka masih diberikan kelonggaran untuk membuka pendaftaran secara manual.

Itu dilakukan untuk memenuhi kuota yang belum terpenuhi. Sebab, masih minim pendaftar.

Kepala SMPN 4 Jepon Tunggal Rizki Susiawati menjelaskan, pendaftaran PPDB online sudah ditutup. Namun, bagi sekolah satu atap masih dimungkinkan membuka pendaftaran PPDB secara manual.

Baca juga : Lho .... Kok Ada 22 Guru PPPK Salah Penempatan

”Masih bisa mendaftar tapi secara manual. Jadi, langsung datang ke sekolah, ujarnya kemarin (1/6).

Rizki menerangkan, pendaftaran secara manual itu dimaksudkan untuk mengakomodir siswa-siswi yang tidak terjangkau PPDB online. Selain itu, juga untuk memenuhi kuota rombongan belajar (rombel). Karena rerata pendaftar di sekolah satu atap tidak terlalu banyak.

”Untuk sekolah kami pada PPDB tahun ini menurun ada 18 siswa yang tercatat hingga akhir pendaftran PPDB online, jelasnya.

Menurutnya, berkurangnya pendaftar pada PPDB tahun ini karena jumlah lulusan SD di sekitar sekolahnya sedikit.

Baca juga : Di Usia 57 tahun Seorang Guru dari 753 PPPK Formasi Guru Blora Resmi Dilantik

Selain itu, juga karena kondisi geografis yang masuk hutan dan akses jalan yang masih rusak. SMP di Desa Semanggi itu diharapkan menampung lulusan dari SDN 1 Semanggi, SDN 2 Semanggi, dan SDN 1 Ngliron.

PPDB tahun ini jumlah siswa baru lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Kalau dua tahun lalu PPDB sampai 40 siswa karena lulusan dari SD juga banyak, jelasnya. (Endah/IST)



 

Post a Comment

0 Comments