Rp 32 Miliar Dana Kemenhub untuk Revitalisasi Terminal Tipe A Cepu

 

INFOKU, Cepu, BLORA - Terminal Tipe A Cepu, Blora, mulai direvitalisasi oleh Kementerian Perhubungan RI dengan total anggaran dari pusat sebesar Rp32 Miliar. Setelah direvitalisasi itu diharapkan terminal akan memiliki multi fungsi.

Nantinya tidak hanya sekedar berfungsi sebagai tempat untuk naik-turun penumpang saja.

Melainkan setelah direvitalisasi terminal tersebut diharapkan bisa memiliki fungsi-fungsi lainnya.

Seperti menggeliatkan ekonomi di Cepu, dengan turut memberikan ruang bagi UMKM, serta kegiatan-kegiatan sosial masyarakat.

Revitalisasi Terminal Cepu itu ditandai dengan seremoni Groundbreaking pembangunan yang dilakukan Jumat (15/6/2023), oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol Hendro Sugiatno, anggota DPR RI Sudewo dan Bupati Blora Arief Rohman.

Turut hadir dalam groundbreaking tersebut, Forkopimda Blora, Plt Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Kepala BPTD Kelas II Jawa Tengah, Kepala Dinrumkimhub Blora, Forkopimcam Cepu.

Baca juga : Rp 28 Miliar Disiapkan Untuk Bayar Premi Kesehatan Warga Blora

Dirjen Hendro Sugiatno berharap, revitalisasi terminal Cepu tersebut selain bisa meningkatkan pelayanan transportasi, juga bisa berfungsi untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.

“Terminal ini bukan hanya berfungsi untuk naik turun penumpang saja tapi ada kegunaan-kegunaan disitu. Ada fungsi-fungsi ekonomi yang tumbuh, ada UMKM, ada kegiatan masyarakat ada ruang pertemuan yang mungkin bisa 200-250 orang yang bisa ditampung silakan masyarakat Cepu agar bisa memanfaatkan,” jelasnya.

Bahkan, dia juga ingin agar nantinya pemerintah daerah bisa mendorong UMKM untuk meramaikan terminal, misalnya dengan menjadikan pusat kuliner.

Baca juga : Ada 70 Sumur Tak Tergarap, Kinerja PT BPE Blora Disorot

“Kalau bis mungkin bisa berhenti jam 5 sore, tetapi yang malam (ekonomi) tetap tumbuh. Mungkin Pak Bupati bisa menumbuhkan pusat-pusat kuliner yang ada di Cepu nanti untuk bisa berdiri di terminal ini,” beber Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Disampaikan Dirjen, melihat bahwa data pergerakan bis dan masyarakat memang cukup tinggi di Cepu dan juga menandakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Cepu sangat bagus, maka kita punya kewajiban untuk merevitalisasi terminal tersebut.

“Kita melakukan groundbreaking revitalisasi terminal Cepu. Kita tata agar lebih baik lagi dan insyaAllah nanti akan menjadi bangunan yang sangat representatif di Cepu dalam upaya kita memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat Cepu atau orang yang berkunjung ke Cepu dengan menggunakan bis, sehingga akan mendapatkan tempat yang baik,” ungkapnya.

Baca juga : Seorang PPK Kecamatan Jiken Dipecat karena Bolos Pleno

Lanjutnya, revitalisasi ini dianggarkan total sejumlah Rp32 Miliar dengan dana bersumber dari SBSN dan ditargetkan bisa selesai pada tahun ini. Berbagai fasilitas yang berstandar juga akan dibangun untuk meningkatkan layanan dan fungsi terminal.(Setyorini/KOM) 


Post a Comment

0 Comments