Pemilu 2024 di Blora Didominasi Pemilih Perempuan

 

INFOKU, BLORATernyata Pemilih perempuan mendominasi daftar pemilih tetap (DPT) di Blora.

Itu diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Blora menetapkan DPT Pemilu 2024 di Gedung PKPRI Blora Selasa (20/6).

ilustrasi

Jumlah DPT Blora sebanyak 704.285 orang. Rinciannya, sebanyak 349.413 pemilih laki-laki dan 354.872 pemilih perempuan. Pemilih perempuan mendominasi Pemilu 2024 nanti.

Ketua KPUK Blora, Muhammad Khamdun mengatakan, penetapan DPT ini sudah melalui proses yang panjang. Dimulai dari menerima daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4 ) 5 bulan lalu dari Kemendagri. Setelah itu, dilakukan coklit.

“Kemudian proses setelah itu adalah DPS, DPSHP 1, DPSHP 2, dan terakhir kita tetapkan DPT hari ini,” tutur Khamdun kepada wartawan.

Baca juga : Upaya DPRD Blora Jembatani Pertemuan PT BPE dengan Para Penambang Minyak Sumur Tua

Lanjutmya,  DPT membedakan dengan warga yang tidak memenuhi syarat dan tidak masuk ke dalam DPT.

“Sepanjang nanti ada masukan masyarakat dan itu dipertanggungjawabkan, bisa terjadi perubahan. Kami tidak menjamin 100 persen. Kami melakukan pendataan sekitar 700 ribu pemilih dan lumrah pasti ada satu dua yang tercecer,” ungkapnya

Menurutnya, pihaknya juga bersedia menerima saran perbaikan dari semua pihak. Jika ada perubahan ditunggu hingga hari H Pemilu 2024.

Baca juga : Seorang PPK Kecamatan Jiken Dipecat karena Bolos Pleno

“Setelah ini kami akan kelola DPK (daftar pemilih khusus, red). DPK ini adalah mereka yang belum ada di DPT tapi mereka punya KTP. Nah, nantinya perubahan tersebut bisa dilaporkan ke KPU setempat,” tambahnya.

Untuk diketahui dalam penetapan DPT pemilu 2024 ini, juga ditetapkan 2.977 TPS dari 16 Kecamatan, 295 desa atau kelurahan yang ada di Blora. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments