Pembongkaran Bangunan Lawas Pasar Induk Cepu Dimulai

 

INFOKU, BLORATerdapat tiga lokal bangunan Pasar Induk Cepu mulai dibongkar pedagang.

Bangunan digunakan sekitar 150-an pedagang itu akan direvitalisasi tahun ini. Pedagang meminta desain bangunan berupa los untuk menampung lebih banyak.

Foto : IST

Dari [antauan Wartawan, pembongkaran mulai Minggu (4/6) hingga Kamis (8/6).

Beberapa pedagang tampak sibuk membongkar bangunan semipermanen. Bekas material menumpuk karena sudah tidak dimanfaatkan lagi.

Para pedagang diberi waktu hingga Jumat (9/6) untuk membongkar bangunan. Lalu, bakal dilanjutkan pengurukan,” kata Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Induk Cepu Rasmo.

Menurut dia, hasil audiensi, para pedagang meminta desain bangunan dibuat los agar bisa menampung lebih banyak.

Baca juga : Tunggakan PBB Kabupaten Blora sebesar Rp 5 Miliar di Telusuri Kejari

Eko salah seorang pedagang asal Kelurahan Balun, Cepu mengatakan, pedagang sebenarnya diberikan waktu pembongkaran mandiri hingga akhir Mei.

Namun, ada beberapa hal, pedagang belum menyelesaikannya.

“Kalau saya berharap ya tidak ada pengurangan ukuran ketika sudah dibangun nanti. Saat ini setiap los ukurannya 3×2 meter,” bebernya.

Kepala Bidang Pasar Daerah Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM) Blora Margo Yuwono mengatakan tengah mempelajari terlebih dahulu proyek revitalisasi pasar induk. Pihaknya baru menjabat menggantikan kabid pasar sebelumnya.

Baca juga : Sama Dengan UGM, Pemdes Tunjungan Blora Kelola Wisata Berbasis Masyarakat

Sebelumnya, perencanaan fisik pembangunan Pasar Induk Cepu sudah selesai. Perencanaan digunakan dokumen lelang saat ini masih di-review oleh Inspektorat Blora.

Pembangunan pasar dianggarkan dari pendanaan tugas perbantuan Kementerian Perdagangan RI dengan total sekitar Rp  3 miliar. Dana itu digunakan membangun sebuah bangunan sebagai tempat los para pedagang. (Endah/IST)   


   

Post a Comment

0 Comments