Jemaah Calon Haji Blora Didominasi Lansia

 

INFOKU, BLORA - Bupati Blora Arief Rohman berpesan agar para jemaah calon haji Blora saling membantu dan menjaga dikarenakan untuk tahun ini  85 persen didominasi lanjut usia  (lansia).

Hal itu disampaikan Bupati Blora saat melepas 673 jemaah calon haji Kabupaten Blora, Rabu (21/6/2023) dini hari pukul 01.30 WIB. 

Pemberangkatan calon haji Blora ke Embarkasi Solo dilakukan dari Pendopo Kabupaten Blora. Kita minta kekompakan dari jemaah, untuk saling menjaga kerukunan.

"Saling membantu, karena jumlah jamaah lansia mendominasi, sehingga jamaah yang muda ini harus bisa membantu jamaah yang sepuh," pesan Bupati Arief.

Dia juga mengingatkan para jamaah untuk senantiasa menjaga kesehatan, mengingat kondisi cuaca dan iklim yang berbeda.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Blora, HM Fatah, tahun ini jumlah jemaah calon haji Blora yang lansia cukup banyak. Dari 673 jamaah, 85% nya atau sekitar 570 jemaah lansia dan risti (risiko tinggi). Sedangkan yang kategori muda dan sehat hanya 15%.

Baca juga : Haji Lansia yang Berangkat Hanya 9 CJH

Jemaah calon haji Blora tertua namun masih semangat untuk menunaikan ibadah haji, atas nama Kunzaimah Sarpo Matrawi, warga Desa Sumberpitu, Cepu, dengan usia 95 tahun.

Sementara itu, untuk jamaah termuda atas nama Alfi Ervina Rahmatussani warga Desa Beganjing, Kecamatan Japah, dengan usia 20 tahun.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan petugas-petugas untuk mendampingi para jamaah, termasuk tenaga kesehatan. Disampaikan, para jemaah calon haji Blora akan didampingi sebanyak 16 petugas kloter selama melaksanakan ibadah Haji.

Baca juga : Deklarasi Pilkades Damai Dilakukan Calon Kades di Blora

Petugas sudah kita siapkan betul karena jamaah kita banyak yang lansia dan banyak yang risti, sehingga membutuhkan perhatian khusus.

"Insya Allah petugas yang kami siapkan sudah sigap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi," terang HM Fatah.

Diketahui, jemaah calon haji Blora dibagi menjadi 4 kloter. Kloter yang diberangkatkan pertama yakni kloter 92, diberangkatkan dari Pendopo Kabupaten Blora pukul 01.30 WIB.

Baca juga : Dipastikan Kuota Haji Khusus di Kabupaten Blora Resmi Ditiadakan

Kemudian Kloter 93 diberangkatkan sekitar pukul 05.00 WIB, selanjutnya Kloter 94 diberangkatkan pada pukul 07.00 WIB. Sedangkan untuk kloter 94 C diberangkatkan pukul 13.30 WIB dari Kantor Kemenag Blora.(Endah) 


Post a Comment

0 Comments