Beasiswa RPL Desa Didukung DPRD Blora

Advertoial

INFOKU, BLORA – Beasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa Kabupaten Blora memasuki tahap pendaftaran.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Blora berharap beasiswa tersebut mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) perangkat desa.

Pemkab Blora memberikan subsidi 50 persen setiap uang kuliah tunggal (UKT). Kuota penerima beasiswa sebanyak 300 orang.

Ketua Komisi D DPRD Blora Ahmad Labib Hilmy mengatakan, pihaknya mendukung penuh adanya beasiswa RPL Desa tersebut.

Menurutnya, hal itu mampu meningkatkan kualitas SDM para perangkat desa yang dinilai masih kurang dalam menjalankan sistem pemerintahan desa.

Baca juga : Anak Kades Di Blora Jadi Tersangka Pengeroyokan, Korban Dibawa ke RS Sultan Agung Semarang

“Kami dukung dan kami pantau. RPL Desa ini diharap mampu merubah sistem desa yang lebih baik melalui SDM yang memumpuni. Nantinya juga meningkatkan kualitas pelayanan desa yang lebih baik untuk masyarakat,’’ jelasnya.

Labib melanjutkan, setiap anggaran yang digunakan pemkab   perlu dipertimbangkan. Sebab, masih banyak yang perlu dibenahi dengan menggunakan anggaran daerah.

“Kami harus kritis dalam penggunaan dana daerah. Kami lihat penggunaannya sesuai dengan tiga faktor, yaitu kebutuhan, kemanfaatan, dan kekuatan anggaran daerah. Kami rasa, RPL Desa ini penting untuk menunjang kualitas pemerintahan desa,’’ ungkapnya.

Baca juga : Kasir dan Admin RSUD Disanksi Diduga Pungli Pelayanan Kesehatan

Terpisah, Kepala Bidang Administrasi dan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Blora Heksa Wismaningsih mengatakan, saat ini RPL Desa sudah memasuki tahap uji evaluasi diri yang dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang (UNNES).

“Pendaftar awal secara manual ada 342 orang. Namun, kuota hanya 300 orang,’’ tuturnya. (Endah)



Post a Comment

0 Comments