DPRD Blora Minta Puskesmas Cepu Segera Diperluas

 

INFOKU, Cepu, BLORA – Nampaknya bangunan Puskesmas Cepu dirasa perlu perluasan untuk meningkatkan fasilitas kesehatan.

Terlebih Cepu mempunyai populasi penduduk banyak. DPRD meminta dinas kesehatan (dinkes) untuk memberikan jalan keluar untuk sarana kesehatan. 

“Khusus Puskesmas Cepu, kami meminta pada 2023 sudah ada solusi terbaik terkait masalah gedung,” kata Fraksi PPP Jariman saat menyoroti fasilitas kesehatan di daerah saat paripurna lalu.

Jariman menjelaskan, Puskesmas Cepu butuh perluasan gedung meningkatakan pelayanan kesehatan. Terlebih kecamatan dengan populasi warga banyak dan wilayah luas. Jangan sampai warga di perbatasan lari ke kabupaten tetangga.

Baca juga : Inilah Sosoknya Polisi di Blora Selama 14 Tahun Menyamar Jadi Wartawan

“Karena kami melihat kondisi gedung Puskesmas Cepu saat ini memprihatinkan. Tempat pelayanan kesehatan dasar masyarakat di wilayah Cepu, merupakan pintu masuk Kabupaten Blora sebelah timur dan berbatasan dengan Bojonegoro,” jelasnya. 

Rencananya perluasan puskesmas akan memakan tanah bangunan Dinas Pendidikan Korwil Cepu.

Sehingga, Jariman mengimbau jangan ada egosektoral antara dinkes dan disdik. Untuk itu pihaknya minta pemkab memperhatikan dan dapat ditindaklanjuti.

Baca juga : TPP Pegawai Dinas PUPR dan DP4 Terancam Berkurang

Kepala Dinkes Blora Edi Widayat menjelaskan, saat ini tengah berkoodinasi dengan dinas terkait perluasan puskesmas.

Sebab tanah digunakan bukan aset dinas kesehatan, tapi bekas bangunan gedung di bawah disdik. 

Menurut Edi, sebenarnya tidak hanya Cepu, beberapa puskesmas lain kondisinya tidak terlalu luas. Pihaknya mengaku keterbatasan tetap memaksimalkan pelayanan kesehatan. 

“Pelayanan kesehatan menjadi perhatian, termasuk SDM kami beri pelatihan memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments