Petani Mengeluh, Solar Subsidi Dibatasi 5 Liter per Hari

 

INFOKU, BLORA – Petani berdenyut dengan traktor membajak sawah. Namun, gerak petani tak leluasa karena amunisi solar yang kurang.

Hal itu dampak dari pembatasan pembelian solar di SPBU. Kebutuhan seharusnya 10 liter dalam sehari hanya mendapat 5 liter.

“Hanya dapat jatah 5 liter. Kalau satu kali traktor membajak sawah membutuhkan 10 liter. Ya pastinya kurang,” kata Mariyono usai membajak sawah di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan kemarin (17/11).

“Harus ada surat dari desa. Malahan kalau tidak ada itu, tidak bisa beli,” jelasnya.

Eko Djulianto Supervisor SPBU Cepu membenarkan, jika pembelian solar petani harus membawa surat rekomendasi dari kelurahan dan dinas pertanian. Sebab, kuota solar subsidi petani sudah dijatah di masing-masing SPBU.

Baca juga : DPRD Soroti Kelangkaan Pupuk, Dinas P4 Blora Bantah Data RDKK Bermasalah 

Menurutnya, surat rekomendasi sudah menghitung kebutuhan petani. “Rekomendasinya dari desa, mengetahui dinas pertanian. Tentu jatahnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan dalam satu jam berjalan membutuhkan satu liter, nanti dikalkulasikan,” jelasnya.

Menurutnya, paling banyak para petani bisa mengakses solar subsidi sampai 30 liter. Setiap SPBU diberikan kuota, ketika petani datang membawa surat, tentu dilayani selama persedian.

“Sistemnya kuota di SPBU, setiap petani datang membeli kuota berangsur berkurang,” jelasnya.

Baca juga : Stok Pupuk Kurang, Walau Harga Mahal Petani Tetap Beli

Menurut Eko, terkadang terjadi di lapangan, surat rekomendasi dibawa petani sudah kedaluwarsa.

Sehingga SPBU tidak dapat melayani sebelum surat diperbarui. “Kalau musim tanam seperti saat ini memang banyak yang membeli,” ujarnya. (Endah/IST


Post a Comment

0 Comments