Desa Sambongrejo Jadi Wisata Andalan Dapat Dukungan DPRD

 

INFOKU, BLORA – DPRD Blora mendukung Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong menjadi sektor pariwisata andalan di daerah.

Dengan wisata berbasis kebudayaan dan kearifan lokal, DPRD optimistis bisa menjadi jujugan wisatawan.

Ketua DPRD, Dasum beserta Wakil Bupati Blora dan Jajaran FORKOPIMDA Hadir dalam Pembukaan Pameran Produk Desa Wisata se-PAKUDJEMBARA (Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora) di Desa Wisata Sambongrejo Bersama Sedulur Sikep, di Pendopo Sedulur Sikep pada Sabtu (19/11) lalu.

HM Dasum baju batik merah hitam saat kunjungi Stan Produksi Desa Sambongrejo (FotoIST )

“Kamu turut mendukung dan berupaya sektor pariwisata ke depannya menjadi salah satu sektor andalan di Blora,” tuturnya.

Dasum panggilan akrabnya pada saat itu juga berbaur dengan ibu-ibu turut memainkan kesenian lesung.

Ia mengungkapkan,  Desa wisata yang berbasis budaya akan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan belajar tradisi sedulur sikep.

Baca juga : DPRD Soroti Kelangkaan Pupuk, Dinas P4 Blora Bantah Data RDKK Bermasalah 

“Desa Wisata Sambongrejo yang berbasis budaya ini, para wisatawan akan diajak untuk berinteraksi dan belajar nilai-nilai luhur bersama Warga Samin atau dikenal dengan Sedulur Sikep,” jelasnya. 

Selain itu, menurutnya wisatawan akan disuguhkan pertunjukan kesenian lesung, kelas membatik, sajian kuliner khas, serta berbagai kegiatan menarik lainnya.

Ia juga berharap agar festival ini dapat menginspirasi desa-desa lain untuk membentuk desa wisata, sehingga turut serta untuk menunjang perekonomian masyarakat di Blora.

Baca juga : Mantan Bupati Blora Pindah ke Gerindra, Sang Anak Tetap di Nasdem

Perlu diketahui, Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong raih juara I Festival Desa Wisata Blora, 2022. Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati berharap, agar gelaran festival desa wisata tersebut bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk terus mengembangkan potensi wisatanya.

“Meski baru digelar kali pertama, sudah ada sekitar 18 desa yang berpartisipasi. Semoga tahun depan akan menginspirasi desa lainnya untuk mengembangkan potensi wisata di desanya masing-masing.  Kita punya 271 desa yang memiliki potensi wisata masing-masing,” ungkap Mbak Etik.

Baca juga : Kuotanya P3K Guru 1.261, akan Diperebutkan 1.550 Orang

Disampaikan, Wakil Bupati, Pemerintah Kabupaten Blora akan terus mendukung desa wisata yang ada di Blora untuk berkembang.  Salah satunya dalam bentuk akses jalan. “Ini menjadi PR kita bagaimana akses jalan ke desa wisata harus kita perhatikan,” imbuhnya. (Endah/IST)   


Post a Comment

0 Comments