Wakil Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri 2022


INFOKU,BLORA - Upacara peringatan Hari Santri 2022 di Kabupaten Blora, Jawa Tengah berjalan khidmat dan lancar dipimpin Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, di Alun-alun Blora, Sabtu (22/10/2022).

Peserta upacara diantaranya perwakilan berbagai Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama, santri pondok pesantren, Forkopimda, pimpnan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ulama dan tokoh agama.

Dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Blorta Tri Yuli Setyowati, membacakan sambutan dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

“Saudara-saudara santri di seluruh Tanah Air yang saya banggakan. Dalam suasana memperingati Hari Santri tanggal 22 Oktober 2022, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, semoga rahmat, berkah, dan perlindungan-Nya senantiasa menyertai kita semua,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Blora.

Menag menyampaikan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

Baca juga : Korban Setor Rp 10 Juta di Dua Rekening dan Tunai, Oknum Bidan di Blora Diduga Jadi Calo Pegawai BPN

Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda.

“Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” kata Menag.

Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

Baca juga : Ketua Apdesi Akui Data Bansos Belum Sinkron, Muncul Gesekan Masyarakat

Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini,mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

“Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta'ala. Amin.  (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments