ANBK Segera Dilaksanakan, Tiga Sekolah di Blora Masih Menumpang


INFOKU, BLORA Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP dijadwalkan akan dilaksanakan pada 19-22 September 2022.

Pada pelaksanaan ANBK tahun ini, sebanyak tiga sekolahan akan melaksanakan ANBK menumpang di sekolah lainnya.

Foto : IST

Ketiga sekolah itu adalah SMP Islam Mutiara Quran Kunduran, SMP Alam Quwwatul Ummah Kedungtuban, serta SMP Islam Plus Al Muhibbin Kradenan.

Kepala SMP Islam Plus Al Muhibbin Imam Syafi’I mengungkapkan, pihaknya melaksanakan ANBK di SMA NU 1 Kradenan karena fasilitas sekolah yang dipimpinnya itu masih dalam tahap pembangunan.

”Saat ini SMP Islam Plus Al Muhibbin menumpang dulu di SMA NU 1 Kradenan. Karena masih tahap pembangunan,” ungkapnya dalam keterangan pada pers.

Baca juga : Oktober Dimungkinkan Perades Terpilih Terima Gaji

Untuk mempersiapkannya, pihaknya mengaku tidak ada perlakuan khusus untuk memaksimalkan nilai yang nantinya menjadi rapor pendidikan tiap sekolah itu.

Pihaknya hanya membekali mereka cara pengoperasian komputer dan simulasi cara mengerjakan ANBK.

Selebihnya, lanjut Imam, guru membekali lewat pembelajaran yang telah berjalan.

Yakni membiasakan untuk memahami teks dan problem solving dari permasalahan-permasalahan di teks tersebut.

”Kalau AN ini memang cukup berbeda dengan ujian nasional ya, yang bisa dipersiapkan cara mengerjakannya. Kalau AN ini kan lebih abstrak, literasi dan numerasi. Jadi memang benar-benar menyasar kemampuan siswa dalam memahami teks dan bernalar,” ungkapnya.

Baca juga : Mengapa Dosis Vaksin Covid-19 di Blora Kedaluwarsa, Inilah Alasannya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq berharap, kepala sekolah benar-benar mempersiapkan pelaksanaan asessment nasional di sekolah masing-masing, yang outputnya adalah rapor pendidikan tiap sekolah,

Sementara, Kepala Seksi Pembinaan SMP Fiqri Hidayat menjelaskan pelaksanaan ANBK untuk peserta didik akan dilaksanakan pada 19-22 September mendatang.

Dia mengaku sudah berkoordinasi dan berkirim surat kepada PLN, Telkom, serta sejumlah pihak untuk mendukung pelaksanaan ANBK ini,

Baca juga : Ketahuan Cor Jalan Pakai Grosok, Pemborong Janji Bongkar dan Cor lagi

”Kami sudah meminta kepada beberapa pihak untuk mendukung pelaksanaan AN. Kami memohon agar tidak ada pemadaman listrik ataupun beberapa hal lain yang bisa menjadi kendala ANBK nantinya,” ungkapnya.

Dia berharap agar sekolah mempersiapkan sarana dan prasarana serta kesiapan peserta didik.

”Mohon dipersiapkan Muridnya yang sudah disampling dari Kementerian yang sejumlah 45 anak tersebut dan cadangan sejumlah lima anak,” imbuhnya. (Endah/IST)


 

Post a Comment

0 Comments