Area Parkir Terbatas, Stasiun Cepu akan Terkoneksi Taman Tuk Buntung

 

INFOKU, Cepu, BLORA - Stasiun Kereta Api (KA) Cepu  akan ditata karena halaman untuk parkir terlalu sempit.

Lahan area publik diperluas untuk perkembangan usaha kecil menengah (UKM) yang nantinya akan terkoneksi dengan Taman Tuk Buntung.

Kepala Daop 4 Semarang PT Kereta Api Indonesia (KAI) Wisnu Pramudyo mengatakan, desain awal penataan Stasiun Cepu sudah disusun. Pengembangan meningkatkan kenyamanan penumpang.

Keseriusan usai penandatanganan dengan Pemkab Blora. PT KAI akan menjadwalkan kunjungan lapangan ke Stasiun Cepu untuk melihat kondisi.

Apa saja yang dikembangkan? Wisnu menjelaskan, pengembangan Stasiun Cepu meliputi penataan kawasan parkir. Perluasan area publik untuk shelter UKM Blora.

Baca juga : Kades Beganjing & Kades Nginggil Diadili, Terkait Seleksi Perades

“Masih banyak lahan aset PT KAI di sekitar Stasiun Cepu belum dimanfaatkan secara maksimal. Kami coba menatanya kembali,’’ ungkapnya.

Stasiun Cepu ini tidak hanya menjadi moda transportasi warga Blora saja. Tetapi, penumpang juga banyak dari warga Bojonegoro. Persisnya kawasan barat seperti Kecamatan Padangan, Ngraho, hingga Kasiman. Sebab, jarak wilayah barat itu dengan Stasiun Bojonegoro cukup jauh.

“Pernah ke Surabaya dan Malang, tentu naiknya juga dari Stasiun Cepu,’’ ujar Anita, salah satu warga Sitimulyo Cepu.

Baca juga : Walau Masih Terkendala Buku, Adaptasi Kurikulum Merdeka diterapkan 97 SMP di Blora

Bupati Arief Rohman menyambut baik rencana itu, apalagi Cepu didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Jawa Tengah.

Pemkab mendukung pengembangan Stasiun Cepu mendorong optimalisasi aset PT KAI. “Agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Arief menyampaikan, pemkab ingin penataan Stasiun Cepu bisa terkoneksi atau terhubung dengan penataan kawasan Taman Tuk Buntung.

Sehingga dari stasiun sampai Taman Tuk Buntung bisa terhubung menjadi area publik untuk masyarakat.

“Kami punya cita-cita jika ini terwujud, nanti CFD (car free day) Cepu ya di situ. Termasuk usulan pengembangan stasiun barang,” pungkasnya. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments