Ternyata Zakat ASN di Blora Terkumpul Rp 700 Juta per Bulan


INFOKU, BLORA – Salah satu andalan Pemkab Blora yakni berbagi dalam program Blora Menyapa. Diantara bantuan tersebut bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Yang terdapat infaq dan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam sebulan, bisa terkumpul sekitar Rp 700 Juta.

Kegiatan Blora Menyapa bisa dilaksanakan sepekan tiga kali. Bupati dan Wakil Bupati Blora beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyambangi masjid di masing-masing kecamatan.

Baru-baru ini, rombongan menyapa di Kecamatan Cepu dan Sambong. Dalam kegiatan itu bupati juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu.

Di antaranya ada beras 20 paket dari Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4), dan 20 paket sembako senilai total Rp 4 juta dari Baznas Blora. Ada juga bantuan untuk penunjang fasilitas ibadah masjid sebesar Rp 6 juta yang juga dari Baznas.

Arief menyebut, salah satu sumber dari Baznas adalah Zakat Infaq, dan sedekah dari para ASN. Setiap bulan, dana yang terkumpul sekitar Rp 700 juta. 

Baca Juga : Stafsus Bupati dan TP2D Terancam Dipecat & Dibubarkan

“Ini merupakan bantuan yang berasal dari zakat, infaq dan sedekahnya para ASN se-Kabupaten Blora. Yang mana setiap bulannya terkumpul sekitar Rp 700 juta di Baznas,” katanya.

Pihaknya berharap, zakat, infaq, dan sedekah ASN melalui Baznas bisa terus disalurkan untuk kegiatan sosial masyarakat. Bisa digunakan bantuan bedah rumah, bantuan pendidikan, rehab tempat ibadah, pengobatan masyarakat kurang mampu yang tidak bisa membayar rumah sakit, hingga bantuan sembako.

“Insyaallah dengan kebersamaan ini ke depan Blora bisa lebih berkah,” imbubnya

Di Cepu, kegiatan Blora Menyapa dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muhammad. Berlangsung dari sore hingga habis maghrib. Usai salat maghrib berjamaah, kemudian dilanjutkan ke lokasi kedua. Yakni di Masjid At Taqwa Desa Ledok Kecamatan Sambong.

Setelah tarawih, ada sambutan bupati dan penyerahan bantuan kepada masyarakat kurang mampu. Sama dengan di Cepu, bantuan yang diserahkan bupati juga paket beras dari DP4, dan sembako dari Baznas Kabupaten Blora. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments