Ritual Kawit Awali Pendirian Pendapa DPC PKB Blora

 

INFOKU, BLORA -  Pembangunan pendapa Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Blora di awali dengan tradisi kawit sebelum didirikan di Jalan Sumbawa Nomor 11, Jetis, Blora kemarin.

Kawit dilakukan dengan menyiapkan nasi, beberapa lauk bumbu seperti mie dan tempe goreng, serta dilengkapi dengan dua ingkung (ayam utuh) bakar.

Kemudian dibacakan doa oleh tokoh agama sekitar, dewan syuro PKB Blora, serta salah satu perwakilan Pengurus Anak Cabang (PAC) yakni dari PAC Jepon.

Ketua DPC PKB Kabupaten Blora Abdul Hakim mengaku, kegiatan itu dilakukan dalam rangka uri-uri budaya Jawa. “Sebagai orang Jawa, kami (DPC PKB Blora, Red) tidak meningalkan adat Jawa. Kami melakukannya sesuai syariat, adat orang NU, adat orang Jawa,” jelasnya.

Dia juga mengatakan kawit dilakukan untuk berdoa kepada Allah, agar semuanya diberi keselamatan oleh Allah.

“Semoga Allah memberi keselamatan, baik kepada yang membangun maupun yang menggunakan nantinya,” imbuhnya.

Baca Juga : 5 tahun Tak bayar Sewa, PT KAI Ambil Alih Paksa Aset Sawah yang Digarap Warga Blora

Hakim juga menjelaskan PKB Blora hingga saat ini masih belum memiliki gedung pertemuan. Sedangkan kegiatan di partai sudah semakin padat.

Selain itu, badan otonom di partai ini dianggap sudah banyak dan mereka juga aktif berkegiatan. Sehingga pembangunan pendapa dianggap perlu untuk segera dibangun.

Dia menambahkan, pendapa yang akan dibangun ini nantinya akan menjadi rumah rakyat.

“Pendapa ini, selain untuk kegiatan partai, juga bisa digunakan untuk masyarakat berkegiatan. Mulai Ansor, Muslimat, Fatayat, bahkan masyarakat sekitar pun boleh memakainya, yang penting konfirmasi,” jelasnya.

Hakim berharap, dengan adanya aula pertemuan baru. Konsolidasi partai dapat terjalin secara efektif, efisien, lancar, serta meningkatkan semangat kepartaian. “Kalau mau nongkrong juga biar lebih nyaman,” pungkas sambil tersenyum. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments