Pembangunan Embung Jiken, Diusulkan Gunakan Dana Provinsi

 

INFOKU, BLORA – Menurut rencana Pemkab Blora melakukan pembangunan Embung Jiken dan mendatang akan diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora Samgautama Karnajaya telah menerima keluhan masyarakat terkait adanya banjir baru-baru ini. Pihaknya pun langsung meninjau lokasi banjir. Untuk mengetahui apa saja permasalahan di wilayah tersebut.

”Ke depan bisa melakukan perencanaan serta penanganan sehingga tidak terjadi lagi kejadian serupa,” katanya.

Kabid SDA DPUPR Wilayah I Surat menjelaskan banjir yang terjadi di wilayah Jiken pada Senin (7/3) diperkirakan kejadian banjir kala ulang 10 tahunan, karena kejadian serupa pernah terjadi sekitar 10 tahun yang lalu yang diakibatkan intensitas curah hujan yang cukup deras.

”Namun demikian menurut petugas OP kami di lapangan, kejadian banjir itu pun tidak berlangsung lama dan cepat surut,” katanya.

Saat ini, di Jiken sudah ada embung yang kondisi existing-nya masih embung konvensional, masih berupa bentuk kolam tanah.

Baca Juga : 2 Embung Baru Akan Dibangun pada Desa Gedangdowo dan Jati

Mendatag embung tersebut perlu dilakukan penataan dan pembangunan lagi. Sehingga konstruksi embung memadai sebagai tampungan pengendali banjir.

Saat penghujan embung ini nanti bisa digunakan untuk menampung kelebihan air saat banjir. Saat kemarau dapat dimanfaatkan untuk irigasi pertanian dan air baku.

Selanjutnya, pihaknya akan mengusulkan kegiatan pembangunan embung Jiken masuk dalam program prioritas usulan Musrenbangwil Provinsi Jawa Tengah 2022. ”Sebagai dasar untuk dapat kami usulkan pembangunannya di tahun 2023 melalui dana Bankeu Prov Jateng kepada Blora di tahun anggaran 2023,” jelasnya.

Ia berharap usulan pembangunan nanti dapat disetujui oleh Pemprov Jateng.

”Dengan terbangunnya konstruksi embung yang memadai dapat meminimalisasi potensi banjir di wilayah desa Jiken, Kecamatan Jiken,” ungkapnya. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments