Gelar VCT, Temukan 17 Penderita Baru HIV AIDS di Blora

 

INFOKU, BLORA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora menggelar kegiatan voluntary counselling and testing (VCT) mobile untuk mendeteksi jumlah kasus penyakit HIV/AIDS.

Hasilnya, ditemukan 17 orang yang diduga terlular virus yang menyerang kekebalan tubuh tersebut.

Sebagian besar dari mereka adalah pekerja seks komersial (PSK) yang biasa beroperasi di sejumlah tempat di kabupaten yang berada di perbatasan Provinsi Jateng dan Jatim ini.

“17 orang itu penderita baru,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan Blora Edi Widayat melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Sutik, kemarin.

Dia menjelaskan, kegiatan VCT mobile dilakukan secara berkala pada pertengahan hingga akhir Februari 2022.

Baca Juga : Kepala DKK Blora Sebut Jumlah Penderita HIV/AIDS di Blora Turun hingga 50 Persen

Sasarannya adalah kelompok yang rentan tertular penyakit HIV/AIDS. Yakni, para pekerja seks komersial (PSK) serta warga binaan atau narapidana di rumah tahanan negara (Rutan) Blora.

“Kegiatan ini digelar rutin setiap tahun,’’ tandas Sutik mewakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Blora Joko Budi Heri Santoso.

Sutik menjelaskan, dalam VCT mobile tersebut petugas melakukan pemeriksaan kepada kelompok masyarakat yang berisiko tinggi terkena penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV/AIDS.

Jumlah yang diperiksa sebanyak 239 orang.

Dia menambahkan, jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding temuan tahun lalu yang mencapai sebanyak 27 orang.

Baca Juga : Vaksinasi Berhadiah Sepeda Motor Digelar Dinkes Blora

Bagi yang dinyatakan positif HIV, Sutik meminta mereka melakukan pengobatan rutin dengan mengonsumsi obat antiretroviral (ARV).

Obat yang diberikan gratis tersebut bisa diperoleh di puskesmas, di rumah sakit ataupun di Dinas Kesehatan.

“Kalau memang hasilnya positif HIV, kami anjurkan untuk menjalani pengobatan,’’ ujarnya.

Sutik menambahkan, sebanyak 10 puskesmas di Blora telah tersedia pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. Ke-10 puskesmas itu adalah Puskesmas Japah, Tunjungan, Ngawen, Doplang, Menden, Jiken dan Puskesmas Sambong. (Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments