Keliling Naik Sepeda Ontel, Ajak Warga Ikut Vaksin


INFOKU, BLORA - Untuk menggenjot capaian vaksinasi di wilayahnya, Petugas gabungan di Kecamatan Jati, Kabupaten Blora Jawa Tengah, melakukan hal unik.

Terlihat Selasa (07/12/2021) siang hingga sore kemarin, petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polsek Jati Polres Blora, Koramil, Satpol PP dan petugas medis Puskesmas setempat blusukan ke dukuh Ngasem Desa Doplang guna membuka gerai vaksin berjalan.

Gerai vaksin berjalan dilakukan dengan cara petugas gabungan blusukan ke lorong lorong desa sembari membawa peralatan yang dibutuhkan untuk vaksinasi.

Gerai vaksin di buka dari rumah ke rumah warga atau door to door, dan petugas gabungan kompak saling bahu membahu melaksanakan tugas masing masing.

Petugas Polsek dan Koramil bergerak didepan menyampaikan woro woro dan imbauan ajakan vaksinasi, sementara petugas vaksinasi memberikan injeksi vaksin.

Bahkan Kapolsek Jati AKP Eko Adi Pramono bersama Camat Dan Danramil ikut turun langsung sambil naik sepeda ontel blusukan ke lorong lorong desa.

Adapun sasaran dalam gerai vaksin berjalan ini adalah para lansia serta warga yang tidak mempunyai sarana transportasi untuk vaksinasi.

Beberapa kejadian unik terjadi saat kegiatan ini. Mulai dari adanya lansia yang takut di suntik, serta alasan mereka bahwa mereka tidak berpergian jauh dan hanya pergi ke sawah saja untuk bertani.

"Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan, kita blusukan rumah warga menyampaikan ajakan vaksin. Ada yang mudah menerima dan mau disuntik vaksin. Tapi ada juga yang susah dan butuh pengertian serta pemahaman yang lama baru mereka mau disuntik," kata Kapolsek Jati.

Dikatakannya, beberapa warga mempunyai alasan tidak mau divaksin karena tidak pernah berpergian jauh, paling hanya ke sawah saja.

"Pelan-pelan kita beri pengertian, akhirnya mereka mau disuntik vaksin," terang Kapolsek Jati.

Kapolsek Jati membeberkan bahwa gerai vaksin berjalan ini dilakukan siang hingga sore, karena saat pagi hari masyarakat banyak yang beraktivitas di sawah, sehingga pemukiman sepi karena sebagian besar warga kecamatan Jati adalah petani.

Baca juga : Pemerintah Ingatkan Masyarakat Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

"Tentunya Forkopincam Jati bersama petugas gabungan lintas sektoral akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk menambah capaian vaksinasi. Harapannya semakin banyak warga yang divaksin, semakin cepat terbentuk herd immunity," tandasnya.

Untuk diketahui, selain gencar melakukan vaksinasi berjalan blusukan kampung.

Forkopincam Jati juga menyiapkan door prize vaksinasi dengan hadiah total mencapai Rp 10 juta dan 2 ekor kambing yang akan di undi pada tanggal 21 Desember 2021.(Heru/POL)


Post a Comment

0 Comments