Siswanto wakili Blora pada Rapimnas & Workshop Nasional ADKASI

 

INFOKU - Rapimnas dan Workshop Nasional Asosiasi DPRD Kabupaten se-Indonesia (ADKASI) dihadiri Siswanto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, di Hotel Holiday Iin Pasteur Bandung, kemaqrin.

Acara ini diawali dengan pidato pembukaan oleh Ketua Umum Adkasi, H Lukman Said, dan Ketua Dewan Pakar Adkasi, Prof Rokhmin Dahuri. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kajati Jawa Barat, dan seluruh ketua DPRD anggota Adkasi seluruh Indonesia.

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB University, Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri menegaskan, DPRD Kabupaten mempunyai peran penting dalam akselerasi pembangunan ekonomi maritim.

Menurutnya, paling tidak ada empat peran DPRD Kabupaten dalam akselerasi pembangunan ekonomi maritim.

“Yang pertama, mendukung rencana dan program Pembangunan Ekonomi Maritim yang sudah benar yang diusulkan oleh Pemkab: (1) politik anggaran (alokasi APBD), (2) regulasi (Perda, Perbup), dan (3) Monev dan pengawasan,” ujar Prof Rokhmin Dahuri saat menjadi narasumber Rapimnas dan Workshop Nasional ADKASI.

Selanjutntya Rokhmin yang juga ketua Dewan Pakar Adkasi mengungkapkan, program pembangunan ekonomi maritim, bila Pemkab belum punya konsep dan programnya.

Ketiga yakni agar peran DPRD Kabupaten ikut Dalam Pembangunan potensi Kemaritiman untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, Inklusif, dan berkelanjutan di masa dan pasca pandemi Covid-19.

“Tentunya DPRD bersama Bupati dan OPD, berupaya mendatangkan investor yang bonafide dan baik, APBD Propinsi, APBN, hibah, CSR, BLU, dan lain-lain,” jelasnya.

Tamabah Rokhmin yang keempat, tidak kalah pentingnya adalah bersama Bupati, DPRD membangun atau mengembangkan Perusda (BUMD) yang profesional. (Endah)


Post a Comment

0 Comments