Rp 115,8 juta Jumlah Uang Insentif Relawan Pemulasaraan Jenazah di Blora Cair

 

INFOKU, BLORA - Insentif puluhan relawan pemulasaran jenazah Covid-19 akhirnya cair kemarin. Setiap relawan menerima insentif Rp 600 ribu untuk sekali pemulasaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora Hadi Praseno mengugkapkan, dana yang dianggarkan untuk insentif itu Rp 115,8 juta. ”Sudah dibayarkan. Baik di Blora maupun di Cepu,” tambahnya.

Dia menjelaskan, dana tersebut diperuntukkan bagi 58 orang petugas pemakaman jenazah Covid-19. Selama ini mereka bertugas memakamkan jenazah dengan standar protokol kesehatan

”Di Blora ada 128 kegiatan pemulasaran jenazah. Sedangkan di Cepu ada 65 kegiatan pemulasaran jenazah,” jelasnya.

Menurutnya, tak ada alasan untuk tidak mencairkan insentif untuk relawan pemulasaran jenazah Covid-19. Masing-masing relawan menerima sebesar Rp 600 ribu per jenazah. Sumber dana insentif ini dari Dana Tak Terduga (DTT).

”Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan relawan. Mereka secara ikhlas membantu penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Menurutnya, relawan pemulasaran jenazah juga merupakan salah satu garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Mereka sigap 24 jam membantu pemulasaran jenazah. ”Apresiasi berupa insetif ini,” tambahnya.

Plangton, salah satu relawan mengaku bersyukur bisa mendapatkan dana insentif ini. Pihaknya juga tidak berfikir bakan mendapatkan rezeki tak terduga itu. Plangton mengaku menerima sekitar Rp 2 juta dana insentif. Dana itu akan ditabung untuk kebutuhan dirinya.

”Kita jadi relawan ikhlas. Tidak berfikir mendapat uang. Kalaupun diapresiasi kami sangat bersyukur,” jelasnya.(Endah/IST)


Post a Comment

0 Comments