Akses Jalan Kalinanas -Japah akan Dibangun BBWS Pemali Juana


INFOKU, BLORA - Pembangunan jalan Kalinanas - Japah yang merupakan akses utama menuju Bendungan Randugunting, saat ini sedang dikebut penyelesaiannya.

Saat Bupati Blora Arief Rohman menerima kunjungan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Muhammad Adek Rizaldi bersama rombongan di kantornya, menyempatkan dialog tentang pembangunan jalan tersebut.

“Seiring dengan dikebutnya penyelesaian proyek strategis nasional berupa pembangunan Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, oleh BBWS Pemali Juana. Maka kita minta dibantu agar jalan aksesnya juga dibangun dari Kalinanas menuju pertigaan Japah,” ungkap Bupati Arief Senin (6/9/2021) pagi.

Menurut bupati, setidaknya jalan yang diajukan untuk diperbaiki ini sepanjang 9 kilometer yang menghubungkan Desa Kalinanas lokasi pembangunan bendungan menuju pusat Kecamatan Japah.

“Selain jalan akses bendungan, nantinya ini juga akan menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar. Baik dari segi pariwisata maupun pengembangan potensi wilayah pedesaan. Setelah ada bendungan nanti, pasti Desa Kalinanas dan desa-desa di sekitarnya ikut tumbuh jika jalannya baik. Apalagi di utara bendungan ada potensi wisata Sungai Purba,” tambah bupati.

Pihaknya pun siap berkoordinasi dengan Perhutani agar pembangunan jalan Kalinanas menuju Japah ini bisa segera dilakukan BBWS Pemali Juana.

“Karena jalannya melalui kawasan hutan, kita siap mendorong dan memfasilitasi perizinannya ke Perhutani. Sehingga BBWS Pemali Juana tinggal melaksanakan pembangunan jalannya. Kami berharap semuanya dirigid beton,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Kepala BBWS Pemali Juana, Muhammad Adek Rizaldi, langsung menyatakan kesiapannya untuk melakukan pembangunan jalan akses dari Kalinanas hingga Japah.

“Sebenarnya kita sudah mengganggarkan pembangunan jalan sepanjang 4,1 kilometer dari Kalinanas ke arah Japah. Namun karena Pak Bupati ingin dituntaskan sampai Japah, maka aka nada tambahan sepanjang 4,9 kilometer. Kami minta dibantu perizinannya ke Perhutani karena jalannya berada di kawasan hutan,” ucap Adek Rizaldi.

Jika perizinan ini bisa diproses cepat, maka pihaknya memastikan pekerjaan pembangunan jalan bisa segera dimulai pada minggu depan.

“InshaAllah akan dirigid beton. Rabu besok kami akan lakukan tinjauan lapangan terkait pembagunan jalan ini,” tambah Adek Rizaldi.

Sedangkan tentang pembangunan Bendungan Randugunting sendiri, pihaknya menargetkan November 2021 nanti akan diresmikan oleh Presiden RI Jokowi.

“Kami ditarget dari Kementerian PUPR untuk segera menyelesaikan pembangunan bendungannya agar November nanti bisa diresmikan Bapak Presiden Rencananya akan diresmikan bersamaan dengan Bandara Ngloram. Keduanya merupakan proyek strategis nasional yang dibiayai APBN,” ungkap Adek Rizaldi.

Usai pertemuan ini, Bupati H. Arief Rohman,  langsung menghubungi Kadivre Perhutani Jawa Tengah untuk koordinasi perizinan pembangunan jalan di kawasan hutan dari Kalinanas menuju Japah. (Setyorini/KOM)


Post a Comment

0 Comments