Pekerja Seni Blora Segera Diperbolehkan Manggung, Ditandai Pentas Wayang Kulit

 

INFOKU, BLORA - Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata bersama Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blora diminta untuk merencanakan dan menyusun jadwal bagi para pekerja seni.

Hal itu disampaikan Bupati Blora setelah menyaksikan pagelaran wayang kulit secara virtual yang diselenggarakan Dinkominfo Blora bekerjasama dengan Kantor Bea dan Cukai Kudus, Kamis (26/8/2021).

Pagelaran wayang kulit dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati dengan menampilkan dalang muda asal desa Karangjong, Kec. Ngawen, Ragil Sudarsono, dalam rangka sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai Tembakau (DBH CHT) Tahun 2021.

"Ini adalah penampilan pertama setelah kita pandemi. Alhamdulillah, Blora sudah level 3. Dan saya sudah minta kepada Bapak Kepala Dinporabudpar dengan Pak Gik (Kepala Dinkominfo). Kita akan susun jadwal untuk para pekerja seni. Diawali dari wayangan dulu," kata Bupati.

Yang lainnya, kata Bupati, juga sudah antri, ada orgen tunggal dan lainnya.

"Termasuk kalau kethoprak virtual itu seperti apa. Ini nanti kita coba susun konsepnya. Intinya, kami dari Pemerintah Kabupaten Blora kita berupaya. Gotong royong bersama. Nanti supaya levelnya bisa turun ke 2," jelas Bupati.

Tetapi di level 3 ini, kreativitas pekerja seni ini kita tampung, tetapi penontonnya masih terbatas.

Jadi kita batasi, jadi kalau ada jaminan teman-teman tampil tapi dengan Prokes ketat dan juga penontonnya dibatasi nanti kita kasih ijin.

Dikatakan Bupati, mungkin pagelaran wayang kulit di pendopo rumah dinasnya adalah pertunjukan awal, nantinya mungkin di kantor kecamatan, tapi harus ada jaminan sesuai dengan aturan yang ada.

"Tidak mematikan kreativitas teman-teman pekerja seni. Karena teman-teman ini kan rindu untuk tampil, anak-anak muda ini," ujarnya.

Pertunjukan wayang itu sendiri diawali dengan penyerahan tokoh wayang Gandamana oleh Kadinkominfo Blora kepada Ki Dalang Ragil Sudarsono.

Hadir menyaksikan pertunjukan wayang kulit, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Sekdin Kominfo Blora Widodo Ketua Pepadi Blora Sukarno dan sejumlah dalang, Ketua FK Metra Mei Nariyono, Kabid dan Kasi Dinkominfo serta perwakilan dari OPD terkait. 

Sementara itu, Ketua Pepadi Blora mengatakan, dalang muda Ragil Sudarsono adalah juara II nasional tahun 2018. (Setyorini/KOM)


Post a Comment

0 Comments