Hujan Es Kembali Landa Yogyakarta, Saat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

 

INFOKU, YOGYAKARTA - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Yogyakarta dan sekitarnya, Rabu (10/3/2021) sore sekira pukul 15.00.

Tak hanya hujan deras disertai angin kencang, fenomena hujan es kembali terjadi di DI Yogyakarta, tepatnya di daerah Minggiran Kota Yogyakarta dan di Krapyak Kulon Panggungharjo Sewon Bantul.

Seorang Warga yakni Titik mengungkapkan bahwa langit yang sebelumnya terang dan cukup terik tiba-tiba gelap.

Tak berselang lama suara gemuruh datang dan disertai hujan lebat dan angin kencang.

Sekira 15 menit berjalan, terdengar suara keras seiring dengan rintik hujan menerpa atap rumahnya.

Ia dan anggota keluarga yang lain keluar dan menemukan butiran es berjatuhan bersama hujan.

"Iya dengar berisik sekali klotak klotak pas keluar ternyata ada butiran es. Nggak terlalu banyak. Ukurannya kecil-kecil," ucapnya.

Sementara itu, hujan deras mengakibatkan jarak pandang pengenguna jalan di sekitaran Jalan Mayor Suryotomo, Kota Yogyakarta sedikit terganggu.

Pantauan di lapangan, beberapa pengendara sepeda motor terlihat menepikan kendaraannya lantaran hujan turun dengan sangat deras.

Sebelumnya, Sebagian wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan hujan ringan hingga hujan disertai petir pada Rabu (10/3/2021).

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca wilayah Kabupaten Bantul saat siang hari diperkirakan hujan disertai petir dengan suhu antara 23-30 derajat celcius.

Begitu juga cuaca di Kabupaten Sleman, saat siang hari diperkirakan turun hujan dengan disertai petir.

Namun memasuki malam hingga dini hari, cuaca berubah menjadi berawan tebal dengan suhu sekitar 23-30 derajat celcius.

Sementara prakiraan cuaca di Kabupaten Kulon Progo, saat siang hingga malam hari cuaca berawan tebal, dengan suhu sekitar 23-30 derajat celcius.

Sedangkan prakiraan cuaca di Kabupaten Gunungkidul, saat siang hari diperkirakan turun hujan intensitas sedang dengan suhu antara 22-30 derajat celcius.

Untuk cuaca di Kota Yogyakarta, saat siang hari diperkirakan turun hujan disertai petir Namun, memasuki malam hari cuaca berubah menjadi berawan tebal dengan suhu sekitar 23-30 derajat celcius.

BMKG Yogykarta juga mengimbau kepada masyarakat DIY agar mewaspadai potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Sleman Utara, Kulon Progo Utara, Bantul Timur dan Gunungkidul Timur dan Utara. (Mughnii/ist)



Post a Comment

0 Comments