Beras Organik Blora


Beras Organik Petani Blora Diminta Bisa Masuk Pasar Moderen
INFOKU,BLORA - Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si menginginkan agar beras organik hasil petani lokal Blora bisa masuk ke pasar moderen, baik swalayan maupun minimarket.
Hal itu disampaikan setelah mengikuti tanam padi organik bersama para petani di Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban.
Bersama para petani, Wakil Bupati melakukan tanam padi organik di areal persawahan Desa Bajo. Disana bisa belajar cara baru dalam menanam padi. Jaraknya lebih longgar, antar bibit sekitar 30 cm.
“Namun kelak anakannya bisa mencapai 80 hingga 100 batang. Beras yang dihasilkannya pun lebih sehat karena tidak pakai pupuk kimia,” terang Wakil Bupati, di Blora, Kamis (24/10/2019).
Menurutnya usai menanam padi bersama kelompok tani Bina Alam Sri binaan program CSR Pertamina EP 4 Cepu di persawahan, dilanjut ke rumah yang digunakan untuk pengolahan pasca panen. Guna melihat beras organik yang telah dikemas dan siap dipasarkan.

Ternyata, menurut wabup, tidak hanya menghasilkan satu varietas beras organik saja. Selain beras putih, ada beras merah, beras hitam, dan beras ketan, semuanya organik.
“Ini luar biasa, dan harus kita dukung pengembangannya. Terimakasih kepada Pertamina yang telah memberikan pembinaan kepada petani,” lanjut Wakil Bupati.
Ia ingin agar berasnya bisa dipasarkan lebih luas. Paling tidak bisa diserap seluruh rumah sakit yang ada di Kabupaten Blora, kemudian seluruh ASN, serta diupayakan masuk pasar modern.
“Kita minta agar OPD terkait bisa menindaklanjuti ini,” tambah Wakil Bupati.
Pihaknya juga ingin pertanian organik binaan Pertamina ini bisa direplikasikan ke desa-desa lainnya sehingga semakin banyak lagi wilayah persawahan yang sehat, menghasilkan beras yang sehat pula.
Pertanian organik ini, tanahnya sehat karena bebas pupuk kimia, ramah lingkungan, dan tentunya beras yang dihasilkan lebih menyehatkan dan lebih menguntungkan oleh petani.
Apalagi Blora banyak peternak sapi, kotorannya sangat berpotensi diolah menjadi pupuk organik.
“Jika ini bisa didorong dan berhasil maka ketergantungan pupuk kimia bisa ditekan,” tandasnya.
Ketua Kelompok Tani Bina Alam Sri Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Surat mengaku senang karena saat tanam padi untuk kedua kalinya kemarin bisa diikuti oleh Wakil Bupati.
Dirinya tidak menyangka jika Wakil Bupati Blora kemarin hadir dan ikut turun ke sawah.
Meski sudah disiapkan sepatu booth, tapi tidak mau.
“Langsung masuk sawah tanpa alas kaki, ikut menanam bibit padi yang sudah disemai selama 7 hari. Beliau ingin membantu petani dalam hal pemasaran. Semoga saja terealisasi,” kata Surat. (Endah.KOM)